Sponsors Link

5 Penyebab Irama Jantung Tidak Normal dan Tips Menjaganya

Sponsors Link

Mungkin beberapa orang ada saja yang selalu mengecek irama jantugnya, guna menjaga kesehatan dan mungkin Anda salah satunya. Pernahkah Anda merasakan irama jantung tidak normal saat mengecek detak jantung menggunakan alat atau tes nadi menggunakan tangan? Anda mungkin akan merasakan jantung berdetak kencang. Kondisi ini dinamakan aritmi, kondisi ini bisa masuk ke dalam kondisi berbahaya bisa juga tidak. Tergantung dari apa yang menyebabkannya.

ads

Penyebab Irama Jantung  Tidak Normal

Beberapa kondisi bisa saja menyebabkan mengapa irama jantung Anda tiba-tiba terasa lebih cepat. Kondisi tersebut diantaranya:

1. Karena dipicu gejala penyakit jantung

Aritmi yang cukup berbahaya bisa disebabkan karena Anda sedang mengalami gejala penyakit jantung. Jika Anda tidak menyadarinya kemungkinan kondisi akan semakin parah dan Anda bisa merasakan gejala lain. Seperti dada yang terasa panas dan sesak, serta pusing tak tertahankan. Jika Anda mendapatkan gejala irama jantung yang terasa aneh disertai beberapa kondisi gejala lainnya sebaiknya konsultasikanllah ke dokter.

2. Elektrolit yang tidak seimbang di dalam darah

Jenis mineral atau elektrolit seperti kalium, natrium dan juga magnesium sangatlah dibutuhkan terutama untuk darah dan organ di dalam tubuh agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun terkadang beberapa masalah menyebabkan tingkat elektrolit di dalam tubuh bisa meningkat bahkan menurun. Akibatnya Anda mengalami ketidak seimbangan elektrolit dan hal tersebut akan memicu pada irama jantung menjadi sangat tidak normal.

Penyebab paling umum yang mengakibatkan Anda bisa kekurangan elektrolit adalah karena dehidrasi, muntah yang tidak bisa dihentikan dan juga diare. Kondisi tersebut biasanya akan menyebabkan tubuh Anda harus mengeluarkan cairan dalam jumlah banyak, sedangkan asupannnya sangatlah sedikit.

3. Perubahan otot jantung

Selanjutnya, kondisi irama jantung yang tidak beraturan juga bisa dikarena Anda mengalami perubahan pada otot jantung Anda. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh berbagai hal, bisa karena Anda terlalu keras berolahraga, bisa karena pengaruh obat atau bisa juga karena Anda mengalami kondisi penyakit jantung. Hal tersebutlah yang mengakibatkan irama jantung Anda terganggu.

4. Cedera jantung

Irama jantung juga akan terasa tidak normal jika Anda pernah mengalami kondisi cedera pada bagian jantung. Cedera juga bisa disebabkan karena berbagai masalah kesehatan, bisa karena kecelakaan yang mempengaruhi jantung atau bisa juga karena Anda mengalami kondisi radang jantung. Jika kondisi irama jantung Anda semakin buruk dan tidak lekas stabil sebaiknya segera periksakan diri ke dokter

5. Proses penyembuhan setelah operasi jantung

Pasca melakukan operasi jantung, kondisi jantung Anda tidak akan tiba-tiba normal. Anda akan mengalami beberapa proses penyembuhan lebih dlu. Proses penyembuhan pasca melakukan operasi jantung akan mengakibatkan irama jantung jadi tak beraturan dan ini adalah kondisi yang sangat wajar.

Tips menjaga kesehatan jantung

Sponsors Link

  1. Tidak merokok dan hindari asap rokok
  2. Berolaharaga minimal 15 menit dalam sehari agar bisa tetap menjaga kondisi jantung
  3. Konsumsilah makanan yang sehat, hindari telalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak
  4. Kontrol tekanan darah Anda
  5. Hindari kondisi stress berlebihan
  6. Kontrol berat badan dan kolesterol
  7. Lakukan cek kesehatan dengan teratur

Itulah informasi lengkap mengenai penyebab irama jantung tidak normal dan tips menjaganya. Gaya hidup sehat menjadi kunci utama kesehatan jantung, sehingga sejak dini akan lebih baik Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan di atas.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab