Sponsors Link

4 Penyebab Jantung Tersumbat yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit jantung terumbat adalah keadaan dimana saluran-saluran pembuluh darah dari dan ke jantung tersumbat oleh sejenis plak. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kinerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh anda. Karena tugas jantung memanglah sangat penting, seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, gangguan-gangguan yang muncul pada jantung sangat berpotensi mengganggu kesehatan dan keselamatan nyawa anda. Oleh karena fungsinya yang sangat vital, penyakit-penyakit yang menyerang jantung masih mendapat predikat sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

ads

Sebagai gambaran, pembuluh darah bisa anda bayangkan seperti sebuah selang air. Pada saat selang air msih baru, tentu saja tidak ada suatu kotoran yang terdapat di dalam selang. Begitu pula dengan pembuluh darah manusia, saat lahir pembuluh darah manusia sangat bersih layaknya sebuah selang yang baru anda beli. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, selang yang mungkin anda gunakan untung mengalirkan air akan mulai berlumut atau mengendapkan kotoran yang menempel di sepanjang di dinding selang.

Karena air yang mengalir melewati selang itu mungkin saja mengandung kotoran yang lama kelamaan mengendap. Begitu juga dengan pembuluh darah anda, lama-kelamaan juga akan di endapi kotoran yang mungkin saja menjadi plak yang akan menyumbat aliran darah dari dan ke jantung anda. Pengendapan tentu saja akan muncul apabila ada sesuatu yang ikut mengalir bersama darah anda setiap harinya merupakan sesuatu yang kotor atau memang bukan bagian menguntungkan dari darah anda.

Pembuluh darah anda merupakan jalan untuk mengantarkan oksigen, nutrisi , air, dan berbagai eletrolit yang dibituhkan oleh seluruh bagian tubuh anda. Saat pembuluh darah di endapi kotoran yang lama kelamaan menjadi plak, tentu saja jalan itu akan menjadi semakin sempit bahkan pada level yang parah akan menyebabkan penyumbatan. Lalu apakah yang mungkin bisa menjadi endapan tersebut? Zat-zat yang ikut bersama darah anda tidak lain berasal dari makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Makanan-makanan yang tidak sehat adalah sumber utama dari zat-zat tersebut. Kemudian, apa sajakah makanan-makanan tersebut? Berikut adalah uraiannya:

  1. Makanan berkolesterol tinggi

Makanan dengan kolesterol tinggi merupakan jenis makanan yang banyak mengandung lemak jahat. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah atau tubuh yang berfungsi sebagai bahan baku untuk beberapa hormon dan juga sebagai zat pembantu pembentukan dinding sel yang baru. Kadar normal kolesterol di dalam darah adalah 200 mg/dl. Lemak jahat (LDL) adalah jenis lemak paling berbahaya karena jenis lemak ini adalah lemak yang dapat mengendap dan membeku di saluran pembuluh darah dalam tubuh anda. Makanan-makanan ini temasuk seafood, daging kambing, daging kambing, dan kuning telur.

  1. Makanan cepat saji atau fast food

Saat ini memang sedang sangat populer. Selain karena rasanya yang enak, makanan ini juga sangat praktis untuk dikonsumsi. Namun dibalik itu semua terdapat sejumlah bahaya yang mengintai saat anda terlalu sering memakan jenis makanan yang satu ini. Jenis makanan ini mengandung banyak gula, lemak, dan juga sodium. Lebih buruknya makanan ini mengandung sedikit gizi dan juga serat. Makanan jenis ini juga biasanya mengandung banyak bahan pengawet dan juga bahan pewarna. Zat-zat ini sangat berpotensi menjadi zat-zat yang akan ikut mengakir berasama dengan darah anda. Makanan jenis ini termasuk mie instan, pizza, burger, kentang goreng, dan juga gorengan.

  1. Makanan yang mengandung Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang terdapat di dalam pembuluh darah. Kadar trigliserida yang normal adalah kurang dari 150 mg/dL. Makanan-makanan yang mengandung trigliserida merupakan pantangan utama bagi penderita penyakit jantung. Saat anda mengkomsumsi makanan yang mengandung trigliserida, kolesterol anda akan meningkat saat itu juga. Saat kolesterol naik, lemak dalam darah anda juga akan meningkat dan akan menambah potensi pengendapan lemak di dinding pembukuh darah. Makanan yang termasuk dalam jenis ini adalah minuman bersoda, durian, alkohol, dan juga daging.

Sponsors Link

  1. Makanan olahan karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat utama yng dibutuhkan tubuh untuk menyediakan energi. Namun makanan mengandng karbohidrat tidak akan sehat lagi apabila sudah diolah dengan menambahkan zat lain seperti gula, garam, dan juga lemak trans. Pengonsumsian makanan olahan karbohidrat dapat meningkatkan resiko penambahan LDL di dalam tubuh anda. Lagi-lagi ini juga akan berpotensi untuk menimbulkan plak yang dapat menutupi saluran pembuluh darah anda. Makanan jenis ini termasuk nugget ayam, daging olahan, dan juga permen.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung zat yang berpotensi menjadi plak penyumbat saluran pembuluh darah anda.

Lalu apa sajakan gejala yang akan mucul apabila terdapat plak atau penyumbatan tersebut di dalam saluran pembuluh darah anda? Berikut adalah gejala-gejala adanya penyumbatan tersebut:

  • Nyeri dibagian dada
  • Mudah lelah
  • Insomnia
  • Nyeri pada bagian kaki
  • Disfungsi ereksi

Itulah beberapa gejala yang mungkin timbul saat terjadi penyumbatan pada pembuluh darah anda. Menjalani pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup, makan makanan bernutrisi dan rendah kolesterol, dan juga berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas kesehatan anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab