Sponsors Link

30 Penyebab Murmur Jantung dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Terbebas dari penyakit jantung merupakan keinginan semua orang, Namun sayangnya kebanyakan orang hanya menginginkannya saja tanpa mengimbangi keinginan tersebut dengan usaha yang sepadan. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit jantung, faktanya 20% kematian di seluruh dunia di sebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit yang sering terjadi pada jantung manusia adalah penyakit jantung koroner dan aritmia jantung yang merupakan penyakit jantung paling mematikan yang pernah ada

ads

Baca juga : Penyebab Jantung KoronerPenyebab Aritmia Jantung pada Anak.

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja bahkan pada saat tubuh sedang dalam keadaan yang tidak sadarkan diri, memiliki jantung yang sehat seharusnya menjadi prioritas utama bagi seluruh manusia, karena jantung merupakan organ tubuh yang akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup Anda jika  tidak berada dalam kondisi yang sehat dan normal.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang murmur jantung. Murmur jantung merupakan suara desiran darah yang dapat didengar langsung melalui stetoskop. Suara desiran jantung ini seperti deru yang berisik yang di sebabkan oleh darah yang bergejolak yang menuju jantung. Murmur jantung biasanya merupakan bawaan pada saat lahir, alias kelainan jantung bawaan.

Baca juga:

Namun Anda tidak perlu khawatir, murmur jantung bukanlah suatu hal yang parah atau serius. Karena murmur jantung tidak tergolong kepada penyakit jantung dan tidak berdampak apapun bagi kesehatan tubuh manusia. Namun Anda perlu mempertanyakan mengapa Anda terkena murmur jantung, karena bisa jadi murmur jantung yang Anda derita saat ini bukanlah murmur jantung yang seperti biasanya. Tetapi murmur jantung yang diakibatkan oleh masalah-masalah yang ditimbulkan oleh bagian-bagian jantung yang mendasar.

Murmur jantung tidaklah berbahaya apabila murmur jantung yang Anda derita merupakan Murmur jantung yang terjadi sebagai kelainan jantung bawaan. Seringkali murmur jantung yang terjadi sebagai kelainan jantung bawaan tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika anda memiliki murmur jantung sebaiknya Anda melakukan tes atau pemeriksaan ke dokter agar mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan jantung Anda.

Baca juga:

Jenis dan Gejala Murmur Jantung

Pada dasarnya murmur jantung terdiri dari dua jenis, yaitu murmur jantung yang terjadi akibat kelainan jantung bawaan atau disebut juga sebagai jenis murmur jantung tidak bersalah. Lalu murmur jantung yang terjadi tiba-tiba atau disebut juga murmur jantung tidak normal. Biasanya murmur jantung yang terjadi akibat kelainan jantung bawaan alias murmur jantung tidak bersalah tidak memiliki gejala apapun, melainkan hanya suara berisik yang terjadi akibat desiran darah ke jantung yang bergejolak secara cepat sehingga suaranya dapat didengar langsung melalui stetoskop

Namun Murmur jantung yang terjadi secara tiba-tiba alias murmur jantung yang tidak normal memiliki beberapa gejala yang sangat berbahaya apabila diabaikan dan tidak ditangani dengan segera. Biasanya gejala-gejala yang ditimbulkan oleh murmur jantung yang tidak normal adalah:

  1. Ujung jari dan bibir berubah warna menjadi biru.
  2. Peningkatan berat badan secara tiba-tiba.
  3. Mengalami sesak nafas.
  4. Batuk yang sudah dalam mode kronis.
  5. Pembesaran hati.
  6. Turunnya nafsu makan.
  7. Sering mengalami pusing.
  8. Mengalami nyeri di bagian dada.

Memang kebanyakan murmur jantung tidak dianggap serius, namun Anda harus memeriksakan diri apabila terdapat gejala-gejala yang saya sebutkan diatas. Apabila dibiarkan dan tidak ditangani dengan cepat dapat berakibat fatal bagi kesehatan jantung Anda.

Penyebab Murmur Jantung Tidak Bersalah

Penyebab murmur jantung di setiap manusia tentu berbeda-beda, kebanyakan terjadi akibat kelainan jantung bawaan. Selain itu, ada juga faktor dari luar yang mengakibatkan murmur jantung tidak bersalah. Beberapa hal yang dapat menimbulkan murmur jantung diantaranya:

  • Aktivitas Fisik atau Latihan

Kebanyakan atlet, khususnya atlet yang terlalu sering memacu adrenalin dan melakukan olahraga yang memompa jantung, memiliki murmur jantung bawaan. Pasalnya atlet yang sering memacu adrenalin sampai ke batas akhir dan atlet yang sering melakukan aktivitas yang memompa jantung secara berlebih membutuhkan suplai oksigen yang lebih banyak daripada orang-orang pada umumnya, sehingga membuat jantung memompa darah lebih kuat dari sebelumnya. Hal tersebut membuat aliran darah mengalir dengan deras, sehingga suara desiran darah tersebut terdengar dan sangat berisik. Hal inilah yang mengakibatkan kebanyakan atlet mengalami murmur jantung tidak bersalah.

  • Kehamilan

Selama proses kehamilan sang ibu membutuhkan suplai darah yang lebih besar daripada orang-orang yang tidak sedang dalam keadaan hamil. Namun kebanyakan hal ini tidak dibarengi oleh pengetahuan sang ibu hamil yang tidak memakan asupan-asupan yang dapat meningkatkan kadar darah manusia. Anda tidak perlu khawatir, jantung yang merupakan anugerah Tuhan, tidak dapat mengelak dari respon keinginan tubuh sang ibu hamil yang membutuhkan suplai darah yang lebih besar dari biasanya. Oleh sebab itu jantung memompa darah dengan kuat. Walaupun dalam detak jantung yang normal, desiran darah pada ibu hamil dapat didengar dengan jelas, hal ini menimbulkan murmur jantung tidak bersalah pada kebanyakan ibu hamil.

Baca juga: Gagal Jantung dalam KehamilanKelainan Embriologi Jantung.

Sponsors Link

  • Demam

Pada saat manusia sedang demam, aliran darah manusia akan bergerak dengan cepat sebagai upaya untuk menstabilkan keadaan tubuh manusia. Bergeraknya darah secara cepat pada saat demam menimbulkan suara desiran darah yang amat berisik yang bisa langsung didengar melalui stetoskop. Hal ini merupakan salah satu penyebab murmur jantung tidak bersalah.

  • Kekurangan Darah

Pada saat Manusia sedang dalam keadaan tubuh yang kekurangan darah, biasanya sel darah merah tidak cukup untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini direspon oleh jantung dengan melakukan pemompaan darah yang kuat sehingga sel darah yang tidak cukup dapat bergerak dengan cepat untuk sampai di jaringan-jaringan tubuh manusia. Kekurangan darah juga merupakan penyebab utama manusia mengalami murmur jantung tidak bersalah.

Penyebab Murmur Jantung Tidak Normal

Jenis murmur jantung yang tidak normal terjadi akibat beberapa hal yang sangat fatal apabila diabaikan dan tidak ditangani dengan segera. Beberapa hal yang dapat menyebabkan murmur jantung jenis tidak normal adalah:

  • Terdapat Lubang di Jantung

Mengalami lubang di jantung juga salah satu penyebab terjadinya murmur jantung yang tidak normal. Terdapatnya lubang di jantung biasanya disebut dengan cacat septum. Cacat septum ini terjadi ketika aliran darah yang tidak normal antara satu bilik jantung dengan bilik lainnya. Aliran darah yang tidak normal tersebut dapat mengakibatkan murmur jantung jenis tidak normal.

  • Kelainan pada Katup Jantung

Kelainan pada katup jantung sangatlah berbahaya. Kebanyakan kelainan pada katup jantung ini terjadi akibat penyakit jantung koroner yang berdampak pada katup jantung menjadi tidak normal. Hal ini dapat mengakibatkan Anda terkena murmur jantung tidak normal.

Baca juga: Kebocoran Katup TrikuspidKebocoran Katup Aorta.

  • Kalsifikasi Katup

Penebalan atau pengerasan yang terjadi pada katup jantung, seperti pada mitral stenosis dan katup aorta, merupakan salah satu penyebab terjadinya murmur jantung yang tidak normal. Biasanya penebalan atau pengerasan yang terjadi pada katup jantung mengakibatkan darah sulit mengalir ke ulu hati, sehingga dapat mengakibatkan suara berisik pada aliran darah yang disebut murmur jantung tidak normal.

  • Demam Rematik

Demam rematik sangatlah berbahaya apabila diabaika. Demam rematik merupakan penyakit serius yang dapat mengakibatkan murmur jantung yang tidak normal. Demam rematik dapat secara permanen mempengaruhi katup jantung, sehingga mengakibatkan aliran darah pada tubuh anda menimbulkan suara berisik.

Baca juga:

Cara Mengatasi Murmur Jantung

Mengatasi murmur jantung merupakan hal yang sangat bagus untuk Anda lakukan, apalagi bagi yang mengalami murmur jantung tidak normal. Murmur jantung yang tidak bersalah pada umumnya tidak memerlukan pengobatan secara serius, pasalnya murmur jantung yang tidak bersalah akan hilang dengan sendirinya setelah kondisi seperti demam menghilang. Namun hal ini tidak berlaku apabila murmur jantung yang tidak bersalah diakibatkan oleh kelainan jantung bawaan.

Sponsors Link

Berikut ini cara mengatasi murmur jantung yang bukan diakibatkan karena jantung bawaan:

1. Mengkonsumsi Obat-obatan

Biasanya apabila Anda melakukan konsultasi pada dokter spesialis jantung, hal pertama yang disarankan adakah mengkonsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang biasanya direkomendasikan untuk penderita murmur jantung tidak normal diantaranya:

  • Obat yang mencegah pengumpalan darah (antikoagulan).
  • Air pil (diuretik) untuk melancarkan buang air kecil.
  • Inhibitor enzim (ACE) yang mengkonversi angiotensin.
  • Statin membantu menurunkan kolesterol Anda.

Baca juga: Obat Jantung di Apotik.

 2. Operasi

Jika Anda sudah tidak tahan lagi dengan suara berisik yang diakibatkan oleh desiran darah akibat murmur jantung yang tidak normal, Anda dapat melakukan operasi katup jantung. Namun operasi katup jantung juga tergantung pada kondisi yang di alami oleh jantung Anda. Biasanya dokter akan merekomendasikan dua operasi yaitu operasi perbaikan katup jantung dan operasi penggantian katup jantung.

Baca juga: Operasi Katup Jantung Mitral.

3. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan merupakan langkah pertama yang sangat baik untuk membuat jantung Anda berhenti mengalami masalah murmur jantung. Pasalnya kacang-kacangan terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung manusia.

4. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon yang kaya akan kandungan omega 3 sangat baik bagi kesehatan jantung dan kelancaran darah Anda serta juga dapat mengurangi murmur jantung. Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung.

5. Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki kandungan yang dapat membuat tubuh hangat, sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin dalam jangka panjang. Sebab kandungan jahe yang dapat membuat tubuh menjadi hangat dapat membuat darah yang sebelumnya tersumbat menjadi lancar kembali, sehingga hal ini dapat mengurangi murmur jantung yang Anda alami.

6. Mengkonsumsi Daun Sirih

Kandungan yang dimiliki daun sirih sangatlah baik bagi kesehatan jantung manusia, sebab daun sirih yang dipercaya dapat memberikan energi positif bagi yang mengkonsumsinya. Terbukti dapat membuat aliran darah menjadi normal dan lancar sehingga murmur jantung dapat terhilangkan.

Jika Anda terlalu takut untuk melakukan dan menjalani dua langkah medis, yaitu konsumsi obat dan operasi, maka alternatif lainnya adalah mengkonsumsi beberapa bahan herbal alias alami yang sudah saya sebutkan di atas untuk membantu menghilangkan murmur jantung dan menghindari penyakit jantung lainnya.

Cara Mencegah Murmur Jantung

Mencegah murmur jantung sangat mudah di lakukan. Berikut tips agar Anda terhindar dari murmur jantung:

  1. Olahraga secara rutin namun tidak berlebihan.
  2. Perbanyak konsumsi air putih setiap hari.
  3. Hindari pola hidup yang tidak sehat.
  4. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  5. Hindari makanan yang mengandung tingkat kolesterol tinggi.
  6. Berhenti merokok.
  7. Biasakan untuk berjalan kaki 30-60 menit setiap hari.
  8. Hindari sesuatu yang dapat memicu adrenalin Anda.

Tips di atas dapat Anda terapkan mulai dari sekarang agar jantung Anda selalu terjaga kesehatannya. Menghindari atau menjaga kesehatan selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu selalu cintai jantung Anda, sebab jantung merupakan titik dan pusat utama bagi semua makhluk hidup yang ada di dunia, sayangi dan cintai jantung Anda demi masa depan yang cerah dan bahagia.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab