Sponsors Link

6 Olahraga untuk Penderita Jantung Koroner yang Aman Dilakukan

Sponsors Link

Jantung merupakan bagian tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja walau dalam keadaan sedang tidur. Terhentinya kerja jantung akan mematikan seluruh fungsi gerak dan sadar tubuh manusia, hal ini diartikan sebagai kematian. Menjaga jantung agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai penyakit sangat diperlukan, pasalnya jantung yang sehat sangat dibutuhkan untuk menunjang hidup yang normal dan bahagia.

ads

Penyakit jantung kebanyakan timbul akibat malas berolahraga, penyakit jantung yang biasanya menyerang orang yang malas berolahraga adalah penyakit jantung koroner, dimana penderita penyakit ini memiliki saluran darah arteri yang tersumbat dan menghambat aliran darah kembali ke jantung. Hal ini sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan tepat, karena dapat menimbulkan kematian.

Baca juga:

Namun bagaimana jika Anda sudah terlanjur mengidap penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya ini, olahraga apa yang harus Anda lakukan? Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai macam-macam olahraga yang dapat Anda lakukan dan tentunya aman bagi penderita penyakit jantung koroner. Selain itu juga akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jantung Anda. Tidak perlu basa basi lagi, simak olahraga untuk penderita jantung koroner berikut ini:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki sangat baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner, pasalnya kebanyakan syaraf jantung berada pada bagian kaki manusia. Dengan berjalan kaki kurang lebih 60 menit dalam sehari akan membantu Anda untuk memperbaiki syaraf-syaraf jantung yang berada pada bagian kaki. Tentu Anda tidak harus melakukan hal ini sekaligus dalam 60 menit, Anda cukup melakukannya sedikit demi sedikit dalam menjalani aktivitas sehari-hari Anda.

Baca juga: Gaya Hidup Penderita Jantung Koroner.

2. Push Up

Memompa jantung dengan cara olahraga sangat baik dilakukan dengan cara melakukan olahraga push up. Pasalnya push up tidak hanya bagus untuk pembentukan badan saja agar terlihat atletis, namun juga bagus dan baik bagi kesehatan jantung manusia. Karena ketika Anda melakukan push up, jantung Anda akan berkerja 2 kali lebih cepat dari biasanya. Hal ini berguna untuk memompa aliran darah Anda agar lebih kuat, sehingga kotoran-kotoran yang disebabkan oleh kolesterol pada bagian saluran darah arteri Anda akan bersih dan dapat dialiri oleh darah dengan normal kembali.

Anda dapat melakukan aktivitas ini pada pagi hari dengan 25-50 hitungan. Segera hentikan aktivitas apabila Anda sudah merasa kelelahan. Jangan memaksakan tubuh Anda untuk terus melakukannya, karena malah dapat berakibat buruk bagi kesehatan jantung bila Anda terlalu berlebihan melakukannya.

Baca juga:

3. Yoga

Olahraga untuk penderita jantung koroner selanjutnya adalah yoga, merupakan kegiatan olahraga yang dapat dikategorikan ke dalam kegiatan olahraga cabang senam. Manfaat yoga untuk jantung sangat banyak dan baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner. Pasalnya yoga dapat memberikan efek tenang dan memperlancar kerja jantung dalam memompa darah. Yoga tidak kalah dengan olahraga lainnya, selain dapat membentuk tubuh, yoga juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit lain atau komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner.

Baca juga: Manfaat Senam Bagi Jantung.

Sponsors Link

4. Sit Up

Kegiatan yang satu ini memang sedikit menguras tenaga, pasalnya melakukan sit up selama 20 menit dapat membakar kalori sampai 1000 kalori, tentu hal ini merupakan angka yang fantastis. Namun tidak hanya sebatas itu, melakukan sit up juga dapat menurunkan kadar lemak yang menjadi salah satu biang tersumbatnya aliran darah yang sehingga mengakibatkan penyakit jantung koroner, tentu hal ini sangat berbahaya apabila diabaikan dan tidak diperhatikan. Lakukan sit up setiap pagi, dengan kadar yang cukup. Sama halnya dengan push up, jangan memaksa tubuh Anda ketika sudah merasa kelelahan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Pencegahan Jantung Koroner.

5. Jogging

Kegiatan ini hampir memiliki manfaat yang sama dengan berjalan kaki. Namun perbedaan yang cukup signifikan adalah Anda harus meluangkan waktu khusus untuk menjalani kegiatan yang satu ini. Faktanya melakukan jogging selama kurang lebih 30 menit, manfaatnya sama dengan Anda berjalan kaki selama 1 jam. Namun Anda tidak boleh terlalu memaksakan diri dalam melakukan kegiatan yang satu ini, karena melakukan kegiatan jogging dapat menguras banyak tenaga dan hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Anda tidak perlu khawatir jika Anda menyadari batasan pada tubuh Anda, karena hal ini akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Jus untuk Jantung KoronerBuah untuk Jantung Koroner.

6. Bersepeda

Dari jenis-jenis olahraga, bersepeda merupakan olahraga yang paling memberikan manfaat bagi kesehatan jantung manusia, khususnya bagi penderita penyakit jantung koroner. Bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang dapat memompa jantung secara signifikan dan secara tepat. Bersepeda selain dapat memperlancar aliran darah manusia, juga dapat membuat dinding jantung menjadi lebih tebal sehingga dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Melakukan kegiatan ini secara rutin dapat membuat Anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya, hal ini sangat baik dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner.

Baca juga:

Sponsors Link

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Olahraga

Menjadi sehat dengan berolahraga memang merupakan hal yang sangat baik dilakukan. Olahraga tidak dapat dipungkiri lagi, memang dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah kaprah dalam melakukannya, sehingga hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Diantaranya Anda harus memperhatikan kondisi kesanggupan tubuh Anda. Memperhatikan hal ini sangat dianjurkan, pasalnya apabila Anda tidak mengetahui batasan dan kesanggupan tubuh Anda, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung yang Anda miliki. Lakukan olahraga secara teratur, namun tidak berlebihan agar tidak menjadi beban bagi tubuh Anda.

Baca juga:

Selain memperhatikan kondisi kesanggupan tubuh, Anda juga harus memperhatikan asupan mineral yang harus Anda konsumsi selama melakukan aktivitas olahraga. Karena kekurangan asupan mineral akan membuat tubuh Anda lemah. Hal ini sangat berdampak bagi kesehatan tubuh Anda, oleh sebab itu Anda harus memperhatikan asupan mineral pada saat melakukan kegiatan olahraga.

Baca juga: Kebiasaan yang Merusak JantungNCP Penyakit Jantung.

Macam-macam olahraga yang saya suguhkan untuk Anda di atas merupakan olahraga yang baik dan aman untuk dilakukan bagi penderita penyakit jantung koroner. Namun Anda harus memperhatikan hal-hal yang dapat membuat hasil yang sebaliknya untuk jantung Anda, tentu hal ini sangat disayangkan apabila Anda melewatinya begitu saja. Mempunyai jantung yang sehat merupakan idaman setiap manusia, oleh sebab itu cintai jantung Anda seperti Anda mencintai diri Anda sendiri.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga