Sponsors Link

7 Titik Refleksi Jantung di Tangan dan Cara Memijatnya

Sponsors Link

Ketika jatuh sakit berobat hanya ke dokter? Yuk, coba pengobatan alternatif lainnya! Pengobatan alternatif yang paling populer adalah terapi pijat. Terapi pijat bisa dilakukan dengan dua teknik, pertama ialah teknik pemijatan (acupressure) dengan berdasarkan metode akupuntur dan yang kedua ialah pijat refleksi.

ads

Terapi yang paling mudah adalah terapi refleksi pijat. Selain bisa diterapkan untuk semua orang, terapi ini juga bisa dilakukan oleh semua orang setelah melakukan pembelajaran beberapa kali mengenai tekniknya. Pijat refleksi merupakan terapi penyembuhan dan pengobatan yang alami, biayanya terjangkau, serta tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pengerjaannya.

Refleksi berasal dari kata reflex yang artinya gerak tidak disengaja atau gerak otomatis yang berarti berbalik kembali atau memantul akibat adanya rangsangan dari luar pada suatu area atau zona refleksi yang terdapat di seluruh tubuh. Terapi pijat refleksi sendiri telah lama dikenal dan dikembangkan di Negara Mesir pada tahun 2.330 sebelum masehi. Bukti konkretnya ialah dengan ditemukan gambar-gambar yang ada pada dinding kuburan Ankmahor di Saqqara, Mesir.

Daerah refleksi merupakan titik pusat urat saraf tubuh manusia, dimana titik-titik saraf tersebut akan saling berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu. Area refleksi terdapat pada dua bagian tubuh, yaitu pada kaki dan tangan, terutama pada telapaknya. Menurut teori refleksologi, titik-titik refleks yang ada di telapak kaki mampu menghubungkan saraf pada seluruh organ tubuh, mulai dari kantung kemih, usus, lambung, hati, ginjal, limpa, pankreas, sampai jantung. Titik-titik refleksi ini tidak kurang dari 70, tersusun membentuk suatu peta tubuh di kaki yang berguna untuk mendeteksi penyebab dari penyakit yang ada pada organ dan menghilangkannya.

Selain pada kaki, terapi pijat pada tangan juga punya titik-titik refleks yang bahkan areanya lebih luas daripada yang ada di kaki seperti area lambung, pankreas, nyeri perut bagian bawah, menopause, pembengkakan dan gumpalan, penyakit mata, penyakit kewanitaan, ubun-ubun, insomnisa, sinus, vertigo, tulang ruas leher jantung, paru-paru, rahim, reproduksi, cemas, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, histeris, buah zakar, sembelit, kolesterol HDL-LDL, hati, lambung, dan jantung koroner. Terapi pada tangan akan menekan titik-titik penyakit yang bersangkutan sehingga menimbulkan gerak refleks.

Pada pijat refleksi, ada dua metode pijat yang berkembang di tanah air yang berasal dari dua sumber yang berbeda pula, yaitu:

  • Metode pertama berasal dari Cina, yaitu memijat daerah refleks memakai jari tangan dan alat-alat bantu lainnya yang berukuran kecil. Caranya yaitu dengan menekan jari telunjuk yang ditekuk pada zona pijat refleksi.
  • Metode kedua menggunakan tangan dan alat bantu stik kecil untuk menekan zona refleksi pijat. 

Kedua metode tersebut telah berkembang di wilayah Eropa dan Amerika dimana metode keduanya sangat bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta mampu membuat organ tubuh mempunyai daya tahan yang selalu siaga dan dalam keadaan prima.

Seperti pembahasan sebelumnya, terapi pijat tidak hanya bermanfaat untuk meredakan pegal-pegal saja, penyakit serius seperti jantung pun bisa diatasi. Jika telah melakukan pengobatan ke dokter ahli sekali pun, apa salahnya untuk mencoba pengobatan tradisional yang satu ini sebagai alternatif untuk menetralisir obat-obat yang diberikan agar kerja ginjal juga lebih ringan tentu saja.

Titik refleksi jantung di tangan, ternyata tidak hanya ada satu titik saja. Ada lebih dari tiga titik refleksi jantung di tangan. Berikut 7 titik refleksi jantung di tangan, yaitu:

  1. Berada di ujung jari tengah
  2. Terletak di antara jari manis dan kelingking di bagian telapak tangan
  3. Terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk punggung tangan
  4. Terletak dua jari dari pergelangan tangan bagian dalam
  5. Terletak di pergelangan tangan sejajar dengan jari manis
  6. Letaknya tiga jari dari sendi siku luar
  7. Terletak tepat di lipatan sendi siku luar

Kalau suatu titik refleksi di tangan resebut dipijat dengan tangan atau alat bantu terasa sakit maka organ jantung Anda mengalami gangguan fungsi. Jika titik-titik tersebut dipijat terus secara teratur sampai nyeri tak terasa lagi, itu pertanda organ tersebut sudah kembali pulih dan membaik.


Terapi dapat dilakukan sendiri atau pun dengan bantuan orang lain, baik menggunakan jari tangan, maupun alat seperti tongkat kecil, tusuk gigi, dan alat elektronik yang ditekan. Setelah Anda paham dan mengetahui letak titik-titik refleksi jantung di tangan, sekarang mulai pelajari cara melakukan pijatan pada area tersebut. Berikut penjelasannya :

  • Terapi pemijatan pada titik-titik refleksi tersebut dengan tekanan sedang setidaknya tiga menit pada setiap titiknya atau bisa dilakukan selama satu sampai dua menit saja untuk pemula.
  • Terapi pijat refleksi bisa dilakukan tiga kali berturut-turut untuk tiga hari pertama, setelah itu bisa terapi rutin setiap hari. Idealnya, pemijatan dapat dilakukan berkisar satu hingga dua kali dalam sehari.
  • Selain itu, untuk arah pemijatan pun mesti diperhatikan dengan baik. Arah pemijatan yang benar harus mengarah ke atas meuju jantung, mengikuti arah alirah darah. Untuk itu, arah pemijatan tidak boleh sembarangan.
  • Setiap selesai terapi refleksi dianjutkan untuk minum air putih yang banyak, minimal 500 ml untuk ikut membantu mempercepat penyembuhan.

Titik refleksi jantung di tangan ini bisa Anda gunakan untuk terapi sakit penyakit jantung koroner, jantung lemah, jantung berdebar, dan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Walaupun demikian, pijat refleksi tidak dianjurkan untuk Anda yang mengalami serangan jantung mendadak. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak harus mendapatkan pertolongan segera oleh dokter ahli jantung.

Di pembahasan sebelumnya dijelaskan bahwa pengobatan alternatif ini bisa dilakukan oleh semua orang. Ya, semua orang yang tidak berada pada kondisi-kondisi tertentu seperti yang tertera di bawah ini.

  • Kehamilan : Terapi refleksi seperti ini sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang dalam masa hamil, apalagi baru kehamilan pertama karena tekanan yang diterima dapat merangsang kontraksi pada ibu hamil. Silahkan baca untuk mengetahui cara penanganan ibu hamil dengan penyakit jantung.
  • Memiliki masalah pembekuan darah : Terapi refleksi umumnya bisa meningkatkan sirkulasi, hal ini malah berpotensi mengakibatkan penggumpalan darah di daerah jantung dan otak.

Demikianlah artikel tentang titik refleksi pada jantung koroner. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba pengobatan alternatif atau terapi untuk penyakit jantung?

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan