10 Perawatan Pasca Operasi Katup Jantung Dan Pantangannya

Jenis-jenis penyakit jantung ada berbagai macam, salah satunya adalah penyakit katup jantung. Beberapa orang yang menderita ini, membutuhkan operasi katup jantung mitral sebagai jalan keluar untuk kesembuhan penyakitnya. Operasi ini termasuk ke dalam jenis operasi besar. Selain itu, untuk melakukan operasi ini sebelumnya dilakukan beberapa tahapan dan juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Setelah melakukan operasi, pasien akan mendapatkan perawatan secara berkelanjutan. Dalam proses penyembuhan pasca operasi jantung, biasanya dokter akan memberikan penjabaran apa saja yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pemulihan bisa berlangsung cepat dan meminimalisir terjadinya komplikasi pasca operasi jantung.

Penyembuhan pasca operasi jantung membutuhkan waktu yang lama. Rentang waktu yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan ini tergantung pada tingkat kesehatan pasien sebelum melakukan operasi. Jika sebelum operasi pasien memiliki kualitas kesehatan yang baik, tidak menutup kemungkinan proses pemulihan akan berjalan dengan cepat. Namun, biasanya proses penyembuhan pasca operasi jantung membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu lamanya. Akan Tetapi, pasien tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Ada beberapa tahapan pekerjaan yang bisa dilakukan.

Perawatan Pasca Operasi Katup Jantung

Perawatan pasca operasi adalah hal yang penting dan harus diperhatikan oleh seluruh pasien pasca operasi katup jantung. Beberapa perawatan pasca operasi jantung yang bisa dilakukan oleh pasien adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan luka

Untuk menghindari menumpuknya bakteri dan kuman pada luka, sebaiknya pasien melakukan pembersihan pada area luka. Karena jika luka tidak rutin dibersihkan, hal ini dimungkinkan dapat menyebabkan infeksi pada luka pasca operasi katup jantung. Menjaga kebersihan selama proses penyembuhan juga harus benar-benar dilakukan. Hindari berkegiatan di area yang berdebu atau kotor agar luka tetap steril.

2. Menjauhkan luka dari sinar matahari.

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D bagi tubuh. Namun bagi pasien pasca operasi katup jantung, sinar matahari bisa jadi membahayakan bagi luka pasca operasi. Hal ini dikarenakan cahaya matahari dapat menyebabkan efek terbakar pada luka yang justru akan memperparah kondisi luka. Sehingga proses penyembuhan juga akan berlangsung lebih lama.

3. Mengkonsumsi obat dari dokter

Pasien pasca operasi katup jantung wajib mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Agar luka pasca operasi dapat sembuh dengan cepat dan meminimalisir terjadinya komplikasi. Apabila luka tidak kunjung sembuh atau justru semakin parah walaupun sudah mengkonsumsi obat, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter yang menangani untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Mengganti perban. Perban pada luka pasca operasi harus rutin diganti

Karena perban bisa saja kotor karena terkena debu atau keringat. Menjaga kebersihan perban sangat penting. Untuk menghindari masuknya kuman dan bakteri pada luka pasca operasi.

5. Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki

Pasca operasi, pasien diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Kegiatan ini dapat mempercepat proses pemulihan pasca operasi besar. jalan kaki juga merupakan olahraga ringan yang dapat melatih kekuatan jantung. Sehingga jantung lebih sehat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan terlalu memaksakan untuk langsung berjalan kaki dengan jarak yang panjang. Dan juga melakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga adalah pilihan yang tepat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantangan

Selain perawatan pasca operasi, pasien juga harus mengetahui beberapa pantangan dalam proses penyembuhan. Pantangan-pantangan tersebut antara lain:

1. Tidak memakai pakaian yang ketat

Tujuannya adalah agar luka pasca operasi katup jantung tidak tergesek dengan pakaian yang ketat. Selain itu, luka yang masih basah membutuhkan sirkulasi udara yang cukup agar cepat kering. Jika menggunakan pakaian yang ketat, akan dimungkinkan terjadinya kondisi yang lembab dan menyebabkan luka lebih lama untuk kering.

2. Tidak mandi menggunakan air hangat

Jika pasien memiliki kebiasaan mandi menggunakan air hangat sebelumnya, sebaiknya menghindari kebiasaan ini terlebih dahulu sampai luka benar-benar sembuh. Peningkatan suhu yang disebabkan oleh air hangat dapat memperparah kondisi luka.

3. Hindari minuman berkafein

Bolehkah penderita jantung minum kopi? Minuman berkafein dapat menyebabkan irama jantung yang tak beraturan. Padahal, pada masa pemulihan pasien dikondisikan sebisa mungkin dalam keadaan stabil. Apabila irama jantung melonjak dengan cepat dikhawatirkan akan menimbulkan efek nyeri pada jantung pasca operasi dan resiko terjadinya komplikasi pasca operasi lebih besar. Minuman yang mengandung kafein contohnya adalah kopi dan teh.

4. Istirahat dengan cukup

Pasien pasca operasi membutuhkan istirahat yang cukup dalam masa pemulihannya. Apabila pasien merasa istirahatnya terganggu karena rasa nyeri pada luka pasca operasi, pasien bisa mengkonsumsi obat anti nyeri yang sudah diresepkan oleh dokter.

5. Menjaga pola makan

Selama proses pemulihan, pasien membutuhkan nutrisi yang cukup agar luka pasca operasi dapat sembuh secara sempurna. Asupan sayur dan buah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu proses pemulihan lebih cepat.

Nah itulah beberapa perawatan pasca operasi katup jantung serta pantangannya yang perlu diperhatikan. Lakukan gaya hidup jantung sehat agar kesehatan Anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

, , , ,