12 Jenis Obat Jantung Bengkak Di Apotek

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit jantung. Pengobatan secara tradisional maupun dengan pengobatan secara medis. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya jenis-jenis penyakit jantung tersebut, sehingga keragaman cara pengobatan pun ditawarkan.

Berbicara mengenai pengobatan dengan anjuran medis, terkadang banyak pula dari pasien pengidap penyakit jantung yang langsung membeli obat jantung di apotik terdekat dengan atau tanpa resep dokter. Bisa saja informasi mengenai obat jantung tersebut didapat dari teman sesama pasien pengidap penyakit jantung. Atau bisa juga mengandalkan search engine sebagai ladang informasi mengenai pembengkakan jantung.

Artikel kali ini akan membahas mengenai obat jantung bengkak. Tertarik untuk mengetahuinya? Bacalah artikel ini hingga akhir, ya! Namun, sebelum itu, ada baiknya untuk mengenal penyebab penyakit jantung bengkak ini terlebih dahulu. Penyebab yang biasa ditemui pada penderita jantung bengkak, yakni :

1. Tekanan darah tinggi atau hipertensi,
  2. Penyakit katup jantung,
  3. Penyakit otot jantung,
  4. Hipertensi pulmonary,
  5. Efusi parakardial,
  6. Anemia,
  7. Kelainan tiroid,
  8. Hemokromatis,
  9. Amiloidosis,
  10. Penyakit jantung koroner,
  11. Serangan jantung,
  12. Penyakit jantung bawaan,
  13. Riwayat penyakit jantung lainnya, dan
  14. Terinfeksi HIV.

Dari beberapa penyebab yang telah dibeberkan di atas, pasien penyakit jantung bengkak akan mengalami gejala sesak napas. Terutama saat beraktivitas dan tidur dalam posisi berbaring datar. Terjadi beberapa pembengkakan di bagian anggota tubuh lainnya seperti kaki dan pada bagian sekitar perut, berat badan naik, kelelahan, jantung berdetak tidak berirama atau palpitasi dan rasa nyeri pada bagian dada yang cukup hebat.

Baiklah, setelah Anda mengetahui factor penyebab jantung bengkak berikut dengan gejala-gejalanya, berikut ini akan langsung dibahas mengenai pengobatan jantung bengkak dengan mengonsumsi obat-obat dengan resep dokter.

Macam-macam obat jantung bengkak yang bisa dikonsumsi, yakni :

• Asam apilets, fungsinya untuk mencegah dan mengobati thrombosis atau pembekuan darah terjadi pada tumbuh saat mengalami serangan jantung. Efek sampingnya menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung dan di sekitar ulu hati, mual dan muntah, jika dikonsumsi dalam jangka panjang menyebabkan maag, pendarahan lambung, gangguan fungsi hati dan ginjal.
  • Amiodarone fungsinya untuk mencegah kerusakan, mencegah komplikasi berbahaya yang mungkin akan ditimbulkan, dan meningkatkan kondisi kesehatan Anda dan jantung Anda. Efek sampingnya menimbulkan gangguan saluran cerna, sakit kepala, lesu/letih, mialgia, tremor, ataksia, gagal jantung kongestif, inflamasi atau peradangan paru, mikro deposit pada kornea (reversible)
  • Isosorbide dinitrate, fungsinya melebarkan dinding pembuluh darah sehingga melancarkan nutrisi dan oksigen dalam darah, dan menurunkan tekanan darah secara stabil. Efek sampingnya sakit kepala, mual, dan hipotensi postural. QNC Jelly Gamat, fungsinya mencegah dan meredakan pembengkakan jantung, serta mempercepat penyembuhan jantung bengkak sebab obat ini terbuat dari bahan herbal alami yang mengandung ekstrak teripang emas yang berguna sebagai antiseptic alamiah dan mengandung gamapeptide.
  • Digoxin, fungsinya mengatasi payah jantung kongestif akut dan kronis, serta takikardia supraventikuler paroksismal. Meski begitu, adapun efek samping dari obat ini yaitu gangguan penglihatan, gangguan GI dan SSP, alergi kulit dan ginekomastia. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk penderita dengan gangguan elektrolit, insufisisensi ginjal, dan pasien lanjut usia.
  • Tiaryt, fungsinya mencegah dan menekan terjadinya aritmia pada jantung sebab mengandung amiodarone HCL. Efek samping obat ini yaitu mikrodeposit korneo, pigmentasi, hipertiroid, toksisitas pulmonal dan neurotoksik
  • Fargoxin, fungsinya mengatasi gagal jantung kongestif akut dan takikardia supraventikuler paroksismal. Meski begitu, adapun efek samping dari obat ini yaitu gangguan penglihatan, gangguan GI dan SSP, alergi kulit dan ginekomastia.
  • Kendaron, fungsinya mengatasi ketidakteraturan irama jantung yang dapat dikonsumsi dengan aturan 3 kali perhari pada minggu pertama, 2 kali perhari pada minggu kedua, lalu bisa diminum 1 kali sehari saja ketika kondisi sudah cukup baik. Meski begitu, adapun efek samping dari obat ini yaitu sakit kepala, lesu, mialgia, tremor, ataksia, paretesia, dan inflamasi paru.

• Coralan, fungsinya untuk terapi pada jantung terutama saat mengidap penyakit jantung bengkak. Efek sampingnya yakni sakit kepala, fosfen, bradikardi, dan ekstrasistol ventrikol. Cara pakai disesuaikan dengan yang tercantum di kemasan yaitu dosis awal : 5 mg 2 kali/hari, dapat ditingkatkan menjadi 7.5 mg 2 kali/hari sesudah 1 bulan terapi, tergantung dari respon terapeutik pasien.
  • Rytmonorm, fungsinya untuk terapi fibrasi, takikardia supraventrikular paroksimal dan aritmia ventricular. Efek sampinya menimbulkan gangguan lambung, penglihatan kabur dan vertigo, lelah, sakit kepala, pusing, gangguan tidur, gangguan psikologi, gejala ekstrapiramidal, konvulsi, reaksi kulit, disregulasi ortostatik, dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau menjalankan mesin
  • Hapsen, fungsinya mengurangi frekuensi detak jantung dan tekanan otot jantung saat berkontraksi, sehingga mengurangi beban jantung dan tekanan darah tubuh. Efek sampingnya dapat menimbulkan bronkospasme pada pasien asma bronkial atau riwayat penyakit saluran napas. Rasa lelah, gangguan tidur, rasa dingin, mual muntah, diare, sembelit.
  • Bioprexum, fungsinya untuk mengurangi kambuhnya stroke serta menjadi obat untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung kongesif. Efek sampingnya batuk, lelah, astenia, sakit kepala, gangguan suasana hati, peningkatan reversibel urea dan kreatinin darah.
  • Aptopril Indofarma, fungsinya pun sama untuk mengatasi hipertensi baik dari yang level sedang maupun berat. Efek sampingnya proteinurea pada penderita penyakit ginjal, hipotensi, ruam, pruritis.

Meski obat jantung bengkak yang disebutkan di atas dapat Anda dapatkan di apotek, tetap saja sebaiknya ajukan dengan resep dokter. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan keadaan yang lebih membahayakan atau sampai menyebabkan komplikasi pada penyakit jantung Anda. Terutama bagi Anda yang cukup khawatir dan selalu bertanya-tanya apakah pembesaran jantung dapat disembuhkan?

Selain itu, tunjanglah kesehatan jantung Anda dengan memerhatikan pola makan untuk penyakit Anda. Khususnya resep makanan untuk penderita jantung bengkak. Rutin mengontrol kesehatan jantung Anda. Selain makanan perhatikan pula pola hidup Anda agar selalu dalam kondisi sehat, serta jangan abaikan waktu istirahat yang cukup.

, ,
Kategori : Pengobatan