Sponsors Link

Apakah Penyakit Jantung Ditanggung BPJS Dan Tips Mencegah Penyakit Jantung?

Sponsors Link

Sudah beberapa tahun ini memang masyarakat Indonesia mendapatkan kemudahan dalam menggunakan fasilitas kesehatan dari pemerintah. Langkah ini semakin mudah dengan adanya kartu BPJS dimana peserta wajib membayar iuran per bulan sesuai dengan kelas perawatan yang diambil. Cara menggunakan kartu ini adalah dengan mendapatkan pemeriksaan dari fasilitas kesehatan rujukan kemudian bisa melanjutkan ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi dan lengkap.

ads

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bisa membuat masyarakat pergi ke rumah sakit, mendapatkan pemeriksaan, obat dan rawat inap sesuai dengan penyakit yang diderita. Akhirnya pasien tidak perlu bingung untuk membayar biaya perawatan. Namun tentunya memang ada batasan karena BPJS juga meninjau kemajuan dan penurunan yang dialami lembaga ini. Lalu bagaimana dengan penderita penyakit jantung?

Agar Anda tidak salah dalam menggunakan BPJS untuk perawatan jantung maka harus tahu lebih jelas lagi. Berikut kami akan menjawab apakah penyakit jantung ditanggung BPJS dan tips mencegah penyakit jantung?

Penyakit Jantung Ditanggung BPJS Atau Tidak?

Pada tahun 2017 pemerintah sudah mengeluarkan sebuah kebijakan baru untuk beberapa jenis penyakit yang bisa dirawat dengan dana BPJS. Ternyata selama ini Indonesia memiliki pasien penyakit jantung yang sangat tinggi.  Menurut analisa BPJS ini yang menyebabkan kebocoran dana yang terjadi akibat pembayaran untuk perawatan penyakit kanker dan jantung. Akhirnya penyakit lain justru tidak mendapatkan prioritas.

Selain penyakit jantung maka ada penyakit lain yang tidak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, yaitu kanker, gagal ginjal, thalassemia, stroke, sirosis hepatitit, hemofilia dan leukimia. Pertimbangan keputusan ini tidak hanya berdasarkan besarnya anggaran untuk pembayaran perawatan penyakit tersebut, tapi juga rasa tidak adil karena pemerintah merasa tidak bisa merawat penyakit lain dengan semestinya.

Namun ternyata layanan penghentian perawatan BPJS ini hanya berlaku untuk pemegang kartu BPJS dari masyarakat mampu dan mandiri. Jika kartu BPJS digunakan oleh masyarakat kurang mampu atau menengah ke bawah maka biaya tetap ditanggung oleh BPJS. Namun sebaiknya pasien selalu bertanya dulu ke fasilitas kesehatan sehingga tidak kaget jika harus membayar biaya perawatan penyakit jantung.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

Munculnya beberapa gejala penyakit jantung pasti memang sangat menakutkan. Sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memperhatikan gejala ini. Terlebih dengan adanya BPJS yang bisa membuat warga merasa aman. Namun kehidupan akan lebih baik jika bebas dari penyakit apapun termasuk penyakit jantung. Berikut ini adalah langkah untuk mencegah penyakit jantung agar tidak perlu menggunakan BPJS.

  • Manajemen berat badan

Setiap orang harus mengontrol berat badan sebagai upaya untuk mencegah penyakit jantung. Langkah ini sangat penting karena ketika mengalami obesitas maka ada banyak kolesterol dan lemak yang menumpuk di tubuh. Kemudian koleterol dan lemak yang masuk ke pembuluh darah bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner dan komplikasi jantung yang lain. Jadi pertimbangkan asupan makanan sehat agar jantung dan tubuh juga lebih sehat.

  • Olahraga teratur

Cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan khususnya kesehatan jantung adalah dengan olahraga. Namun sekarang banyak orang yang mengabaikan kebiasaan ini dan bergantung dengan cara mudah untuk mendapatkan kebutuhan. Olahraga akan membuat latihan jantung yang sangat baik termasuk untuk mengelola otot jantung dan menjaga detak jantung normal. Selain itu olahraga juga sangat baik untuk mencegah obesitas yang memicu penyakit diabetes. Penyakit ini bisa memicu komplikasi masalah jantung yang berat.

  • Stop merokok

Untuk menjaga kesehatan jantung yang baik maka usahakan untuk bisa menjaga tubuh dari asap rokok. Karena itu sebaiknya tidak menjadi perokok aktif maupun pasif. Rokok mengandung nikotin yang akan membuat pembuluh darah menjadi sangat sempit. Kemudian efeknya akan membuat jantung tidak bekerja normal dan sering memicu serangan jantung mendadak. Bahkan merokok juga akan membuat gula darah naik sehingga komplikasi diabetes menjadi lebih parah.

  • Manajemen gula darah

Semua orang yang sudah menderita diabetes atau tidak sebaiknya harus mengontrol kadar gula darah. Kondisi ini harus dipertahankan dalam angka yang normal sehingga jantung tetap sehat. Salah satu penyebab komplikasi penyakit jantung adalah gula darah tinggi atau penyakit diabetes. Karena itu asupan makanan dan gaya hidup yang sehat tetap harus dipertahankan.

  • Manajemen tekanan darah

Semua orang juga harus menjaga tekanan darah untuk menjaga agar tidak terkena penyakit jantung. Hubungan tekanan darah dan penyakit jantung memang sangat erat. Dimana ketika terjadi hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi maka biasanya jantung akan bekerja keras untuk memompa darah. Hal ini juga yang akhirnya membuat penyakit jantung muncul termasuk serangan jantung dan stroke. Tanda awal dari kondisi ini juga sering disertai dengan aritmia jantung.

  • Hati-hati dengan obat

Minum obat ketika sakit memang dianjurkan untuk mengelola penyakit agar sembuh dan tidak menjadi parah. Namun kebiasaan minum obat sembarangan bisa membuat kondisi jantung menjadi sangat buruk. Hal ini bisa terjadi karena beberapa obat menyebabkan reaksi detak jantung yang cepat atau jantung sangat peka terhadap reaksi obat. Karena itu saat sakit maka cobalah untuk minum obat sesuai resep dokter.  

  • Manajemen kolesterol

Semua orang yang sudah berusia lebih dari 30 tahun sebaiknya memang melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin. Hal ini karena jenis LDL atau kolesterol buruk sering memicu penyakit jantung termasuk jenis koroner. Untuk itu sebaiknya menghindari semua jenis makanan yang tidak baik untuk jantung. Bahkan anak-anak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dan daging tanpa lemak.

  • Suplemen omega 3

Cara lain untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi suplemen yang kaya dengan omega 3. Bahan ini sangat baik untuk menjaga jantung, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik. Namun agar tidak salah maka konsultasikan ke dokter saat akan minum suplemen.

Itulah jawaban dari apakah penyakit jantung ditanggung BPJS dan tips mencegah penyakit jantung? Daripada menggunakan BPJS maka memang lebih baik menjaga kesehatan jantung dan tubuh sejak dini.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan