Penyakit Jantung Hipertensi : Penyebab – Gejala -Pengobatan – Pencegahan

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakan dan bisa dibilang banyak nyawa yang melayang karena penyakit ini. Bahkan penyakit jantung ini sering disebut sebagai sillent killer karena seringkali banyak masyarakat yang meninggal karena penyakit jantung yang awalnya tidak diketahui. Karena kasus kematian akibat penyakit jantung ini masih sangat tinggi maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai salah satu jenis penyakit jantung yaitu penyakit jantung hipertensi. Pada kesempatan kali ini kami akan memberi informasi penting mengenai penyebab hingga pencegahannya juga, tak usah menunggu berlama-lama lagi, berikut ini adalah informasi pentingnya :

1.Penyebab penyakit jantung akibat hipertensi

Penyakit jantung saat ini menjadi salah satu ancaman kesehatan yang cukup serius karena banyak sekali jiwa yang meninggal dikarenakan penyakit ini. Banyak sekali yang tidak pernah merasakan gejalanya, atau minim pengetahuan tiba-tiba saja drop karena jantung. Salah satu penyebab dari penyakit jantung yang sering kita temui adalah tekanan darah tinggi atau yang di dalam dunia medis disebut sebagai hipertensi. Ketika kita mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi maka itu bisa membuat jantung kita harus bekerja lebih keras karena bebannya lebih berat. Akibat tekanan darah tinggi itu, jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Dan jika jantung terus-terusan memiliki beban yang berat maka itu bisa membuat pembuluh darah menjadi rusak. Bahkan tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi itu juga bisa membuat jantung kita menjadi kesulitan untuk memompa darah lagi akibat otot jantung menjadi menebal. Pada akhirnya jika kondisi tersebut dibiarkan berlarut-larut maka bisa membuat jantung mengalami kegagalan fungsi sehingga bisa membuat jantung jadi mengeras dan bisa membuat kita mengalami penyakit jantung bahkan resiko terkena serangan jantung. Ketahuilah juga mengenai irama jantung tidak stabil.

2.  Gejala penyakit jantung akibat hipertensi

Penyakit ini jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan serangan jantung bahkan kematian. Oleh karena itu Anda tidak boleh mengabaikan penyakit jantung apapun penyebabnya ya. Pada poin kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda semua mengenai gejala dari penyakit jantung jika diakibatkan karena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apa saja?

• Jantung yang berdebar-debar

Ada beberapa gejala yang harus Anda ketahui sehingga bisa tahu apakah penyakit jantung yang Anda alami apakah karena hipertensi atau tidak. Salah satu gejala yang akan Anda alami jika mulai merasakan penyakit jantung karena hipertensi adalah jantung yang terasa berdebar-debar. Jika Anda merasakan jantung Anda mulai berdebar-debar dan tidak seperti biasanya maka kami sarankan supaya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis jantung ya. Jantung yang berdebar bisa jadi gejala aritmia jantung.

• Nyeri dada

Tidak hanya merasakan jantung yang berdebar-debar atau aritmia jantung saja. Salah satu ciri jika Anda mengalami penyakit jantung dikarenakan hipertensi adalah Anda aakn merasa nyeri dada. Nyeri dada itu kadang muncul di dada pusat, atau bisa juga dibawah perut. Terkadang rasa sakitnya menjalar hingga ke punggung juga. Jadi jika Anda sudah merasakan jantung yang berdebar-debar dan juga nyeri pada dada maka usahakanlah untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nyeri dada bisa menjadi salah satu gejala serangan jantung saat tidur.

• Gangguan pengelihatan

Tekanan darah juga bisa berpengaruh kepada sistem pengelihatan Anda. Karena tekanan darah yang ekstrim atau tinggi maka biasanya juga membuat pasokan darah ke saraf mata menjadi berkurang sehingga bisa membuat pengelihatan Anda jadi berkurang seperti misalnya pandangan yang tiba-tiba sering menjadi buram.

• Sesak napas

Gejala lain yang bisa Anda rasakan jika mengalami penyakit jantung hipertensi adalah Anda bisa mengalami sesak napas. Jangan mengabaikan sesak napas yang Anda alami saat ini karena bisa jadi itu merupakan tanda jika Anda mengalami penyakit jantung karena hipertensi.

Pengobatan penyakit jantung akibat hipertensi

Setelah mengetahui mulai dari penyebab hingga gejalanya, maka pada poin kali ini kami akan memberikan informasi penting terkait pengobatan penyakit jantung akibat dari hipertensi. Pada umumnya berikut adalah beberapa metode untuk mengobati penyakit jantung karena hipertensi :

• Mengatasi hipertensi terlebih dahulu

Untuk bisa bebas dari penyakit jantung karena hipertensi maka tentu saja kita harus mulai mengatasi akar masalahnya. Yaitu salah satu caranya adalah dengan mengobati hipertensinya terlebih dahulu. Dengan mengobati hipertensi terlebih dahulu maka penyakit jantung bisa berangsur-angsur membaik. Oleh karena itu jika sudah mengalami gejala hipertensi maka segera periksakan ke dokter atau mungkin mengkonsumsi obat penurun tekanan darah.

• Mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter

Pengobatan yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dari dokter. Jika Anda sudah pernah ke dokter dan memeriksakan diri dan sudah diberi obat maka konsumsilah secara rutin sehingga gejala dari penyakit jantung Anda bisa segera teratasi dengan baik. Beberapa jenis obat yang dikonsumsi penderita penyakit jantung cukup banyak, mulai dari ACE Inhibitor hingga Nitrat. Biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien.

• Tindakan medis

Pada beberapa kasus penyakit jantung tertentu, dokter akan melaukan tindakan medis seperti misalnya prosedur bedah jika memang dibutuhkan. Hal ini dilakukan supaya kondisi si pasien tidak semakin memburuk.

Pencegahan penyakit jantung karena hipertensi

Untuk bisa menegah penyakit jantung yang mungkin diakibatkan karena hipertensi atau tekanan darah tinggi maka simak beberapa tips dibawah ini :

• Perhatikan dan perbaiki pola gaya hidup

Tips pertama yang harus Anda perhatikan jika ingin bebas dari penyakit jantung yang disebabkan karena tekanan darah tinggi adalah dengan memperbaiki pola hidup. Seperti misalnya saja hindari merokok, batasi konsumsi alkohol, dan juga mengkonsumsi makanan yang rendah sodium ya.

• Sering melakukan check up

Supaya Anda bisa mengetahui kondisi terkini kesehatan Anda. Maka kami menyarankan supaya Anda sering-sering melakukan check up lengkap sehingga bisa tahu kondisi tekanan darah dan juga jantung Anda dengan pasti. Selain itu konsumsi juga makanan untuk mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai penyakit jantung hipertensi. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya, jika penyakit jantung akibat hipertensi tak juga membaik maka kami menyarankan supaya Anda segera menghubungi dokter. Lekas sembuh!

, , ,