Sponsors Link

10 Cara Mengobati Gagal Jantung Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Gagal jantung merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit jantung yang menyerang manusia. Gagal jantung sendiri merupakan sebuah kondisi dimana saat otot jantung menjadi lemah hingga tidak dapat memompa darah yang cukup untuk seluruh tubuh. Kondisi ini juga biasanya disebut sebagai gagal jantung kongestif. Gagal jantung dapat terjadi karena dipicu oleh masalah kesehatan lain, contohnya :

ads
  • Jantung koroner
  • Gangguan ritme jantung atau aritmia
  • Gangguan otot jantung atau kardiomiopati
  • Kerusakan katup jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Kelenjar tiroid yang berlebih atau hipertiroidisme
  • Kekurangan sel darah merah atau anemia
  • Radang otot jantung atau miokarditis
  • Cacat jantung sejak lahir
  • Dan, diabetes.

Gagal jantung sendiri memiliki 4 (empat) jenis, yaitu :

  • Gagal jantung sebelah kiri, yaitu saat kondisi ventikel kiri jantung tidak mampu memompa darah dengan baik ke tubuh dan menyebabkan tubuh akan kekurangan darah bersih (yang mengandung oksigen).
  • Gagal jantung sebelah kanan, yaitu saat kondisi ventikel kanan jantung mengalami kerusakan yang dapat membuat proses pengambilan darah bersih (yang memiliki oksigen) dari paru-paru tidak dapat berjalan dengan baik.
  • Gagal jantung sistolik, yaitu saat kondisi otot jantung tidak mampu berkontraksi dengan semestinya hingga proses pengaliran darah bersih (yang mengandung oksigen) ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan semestinya atau terganggu.
  • Gagal jantung diastolic, yaitu saat kondisi jantung sulit diisi oleh darah akibat kakunya otot pada organ jantung.

Selain itu dari perkembangan gejala yang dialami penderita, gagal jantung kembali terbagi menjadi dua gejala yaitu AKUT dan KRONIS. Gagal jantung akut merupakan gejala yang berkembang dengan cepat, sementara gagal jantung kronis berkembang secara bertahap. Secara singkat, gejala penyakit gagal jantung terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu :

  • Sesak napas yang terus terjadi baik ketika sedang beraktifitas ataupun istirahat.
  • Tubuh terasa lelah setiap waktu.
  • Pembengkakan terjadi pada pergelangan kaki.

Seseorang yang mengalami gagal jantung bukan berarti jantung miliknya berhenti atau tidak dapat bekerja lagi. Gagal jantung berarti pekerjaan yang dilakukan oleh organ tersebut melemah dan tidak maksimal sehingga membutuhkan pengobatan untuk memperlambat kondisi buruk yang akan terjadi (komplikasi) dan dapat mengontrol gejala yang muncul dengan pasti.

Dalam artikel ini ada beberapa tips cara mengobati gagal jantung secara alami, simak penjelasannya berikut ini :

  1. Membuat menu diet jantung

Saat ini banyak jenis makanan yang menguatkan jantung yang aman dikonsumsi oleh penderita. Makanan tersebut dapat dibuat sebagai menu diet jantung yang membantu anda untuk mengembalikan fungsi jantung seperti semula. Tak hanya itu, melakukan program diet juga akan membantu anda menurunkan berat badan karena obesitas yang merupakan salah satu faktor munculnya penyakit jantung. Dengan mengurangi berat badan maka akan membantu meringankan beban jantung sehingga kesehatannya dapat terjaga.

  1. Rutin melakukan olahraga

Pengobatan alami yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga rutin. Saat ini sudah banyak olahraga ringan untuk kesehatan jantung yang mudah dilakukan di rumah, tak hanya mudah tapi juga aman untuk dilakukan. Salah satunya adalah melakukan gerakan senam jantung sehat yang saat ini sudah banyak versi video yang dapat diikuti. Dengan melakukan olahraga rutin maka akan membantu menyehatkan jantung anda karena dengan bergerak jantung anda akan berpacu untuk meningkatkan fungsi jantung secara optimal.

  1. Konsumsi yogurt

Menurut kompas.com mengkonsumsi yogurt merupakan salah satu solusi tepat untuk mencegah masalah pada jantung. Sebuah riset dari American Journal of Hypertension menunjukkan bahwa makanan yang berfermentasi mampu menurunkan resiko dari penyakit kardiovaskular baik pada pria maupun wanita yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Sponsors Link

Riset ini juga membuktikan bahwa mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 30 persen pada wanita dan 19 persen pada pria. Sebaiknya konsumsikan yogurt sebanyak dua kali dalam seminggu. Riset lain juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi yogurt maka berat badan anda akan menurun, hal ini karena jantung memiliki kandungan probiotik yang bagus untuk pencernaan tubuh.

  1. Konsumsi kulit manggis

Manggis merupakan buah yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Hal ini karena dalam manggis mengandung anti-oksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas. Nama kandungan anti-oksidan dalam buah ini adalah Xanthone yang mampu menahan radikal bebas yang menimbulkan plak dalam pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan bagi aliran darah menuju jantung. Selain buahnya, Xanthone ini juga ada pada kulit manggis, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Cara mengobati jantung dengan kulit manggis dapat dengan 4 (empat cara berikut :

  • Merebus kulit manggis dan konsumsi air rebusannya.
  • Keringkan kulit manggis sehingga dapat dikonsumsi sebagai the.
  • Dibuatkan jus kulit manggis.
  • Diolah menjadi wedang kulit manggis dengan madu dan gula.
  1. Konsumsi teh hijau

Manfaat teh hijau untuk jantung telah melalui riset. Para ilmuwan mengatakan bahwa dengan teh hijau maka akan membantu mereka yang menderita jantung untuk mengurangi resiko gagal jantung yang lebih parah. Hal ini karena teh hijau dapat menahan perubahan dalam pembuluh darah, selain itu dengan teh hijau juga dapat melindungi darah dari pembekuan. Menurut Nikolaos Alexopoulis yang merupakan seorang peneliti dari Athena Medical School di Yunani ini mengatakan bahwa secangkir teh hijau setiap hari dapat membantu anda untuk menurunkan resiko serangan jantung sampai 30 persen. Meski sangat bermanfaat, sebaiknya konsumsikan teh hijau ni sesuai dengan takaran dan tidak berlebih karena mengandung resiko jika dikonsumsi berlebihan.

ads
  1. Konsumsi ikan salmon

Dalam ikan salmon terdapat kandungan berupa omega-3 dan asam lemak serta nutrisi penting lainnya seperti vitamin B12, B6, dan niacin. Selain itu dalam salmon terdapat mineral seperti selenium, kalium, kalsium, dan fosfor. Hal ini menunjukkan bahwa ikan salmon sangat bermanfaat sebagai obat bagi penyakit jantung. Selain untuk mengobati penyakit jantung yang dialami oleh penderita dengan mengkonsumsi salmon maka dapat menurunkan resiko penyakit stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Salmon yang mengandung omega-3 dan asam lemak mampu mengurangi peradangan dan menghindarkan dari penyakit kardiovaskular.

  1. Konsumsi coklat hitam

Coklat hitam memiliki berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Coklat sendiri terbuat dari biji pohon kokoa yang merupakan salah satu sumber anti-oksidan paling baik. Coklat hitam—yang bukan manis-manisan—merupakan salah satu makanan yang dapay membantu mengobati dan mencegah penyakit jantung. Manfaat coklat untuk jantung adalah karena mengandung banyak nutrisi seperti serat larut dan mineral.

Pada 100 gram batang coklat hitam mengandung 11 gram serat, 67 persen AKG zat besi, 58 persen AKG magnesium, 89 persen AKG tembaga, 98 persen mangan, kalium, forfor, seng, dan selenium. Senyawa inilah yang memberi perlindungan pada tubuh untuk mencegah penyakit jantung dan tumbuhnya lemak jahat yang menimbulkan kolesterol. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa coklat hitam dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  1. Konsumi kacang hijau

Kacang hijau mengandung serat yang berfungsi untuk menyerap lemak. Hal ini mampu membantu mengurangi plak yang timbul pada pembuluh darah yang menyebabkan munculnya penyakit jantung. Dari situs organicfacts.net penyakit jantung dapat disembuhkan dengan kacang hijau karena kandungan flavonoidnya yang tinggi. Flavonoid sendiri merupakan sebuah zat anti-oksidan polifenol yang dapat ditemukan pada buah-buahan maupun sayuran. Dari senyawa ini pula dapat mencegah adanya pembekuan darah di arteri dan vena.

  1. Konsumsi kismis

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bays dan timnya menujukkan bahwa kismis secara signifikan mengurangi tekanan darah hingga 7 persen. Menurunnya tekanan darah ini tentu dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung karena tekanan darah yang tinggi menjadi faktor utama munculnya penyakit ini. Kismis juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga berguna juga bagi penderita diabetes. Menurut Zeenews, telah terdapat riset yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kismis memiliki penurunan resiko penyakit jantung.

  1. Konsumsi ikan tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan mengandung protein dan mineral tinggi serta kalium dan vitamin B kompleks yang diperlukan oleh tubuh. Menurut merdeka.com, dengan mengkonsumsi ikan tuna maka dapat membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor penting munculnya penyakit ini. Mengkonsumsi ikan tuna sebanyak 30 gram sehari mampu menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 50 persen. Selain menurunkan kolesterol, ikan tuna juga mampu untuk mencegah obesitas yang juga sebagai faktor dari munculnya penyakit jantung.

Itulah sepuluh penjelasan tentang mengobati penyakit gagal jantung secara alami yang dapat dilakukan bagi penderita penyakit jantung di rumah. Jangan lupa konsultasikan apa yang anda konsumsi kepada dokter untuk mengetahui berapa banyak (dosis) yang diperlukan untuk menjaga atau menstabilkan jantung anda guna memperlambat komplikasi yang akan terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap sehat!

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Pengobatan