Sponsors Link

16 Cara agar Jantung Kuat dan Sehat

Sponsors Link

Jantung anda adalah organ yang paling penting dalam tubuh anda. Ketika anda bekerja maka jantung anda akan bekerja dua kali lebih cepat dari biasanya untuk menyeimbangkan asupan energi yang anda butuhkan dalam melakukan aktivitas – aktivitas anda. Ketika anda beristirahat, jantung tidak beristirahat, akan tetapi jantung anda terus bekerja untuk menyebarkan asupan nutrisi dan oksigen yang di butuhkan oleh tubuh kita.

ads

Otot – otot jantung anda tidak akan pernah berhenti bekerja. Akan tetapi pada sebagian orang, otot – otot jantung ini akan melemah dalam memompa darah yang membawa asupan nutrisi dan oksigen yang di butuhkan seluruh tubuh kita. Keadaan ini di sebut sebagai penyakit jantung lemah. Akan tetapi, ada berbagai cara untuk dapat menguatkan jantung anda secara alami. Berikut adalah beberapa cara agar jantung kuat dan sehat:

1. Latihan interval

Olahraga adalah salah satu cara menguatkan jantung secara alami. Dari banyak jenis olahraga – olahraga yang dapat lakukan, latihan interval termasuk yang paling baik untuk menguatkan jantung pada penderita jantung lemah. Selain menguatkan jantung, olahraga latihan interval juga di kenal untuk mengobati diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran. Latihan interval sendiri sangat mudah di lakukan. Anda dapat melakukan latihan interval dengan berjalan kaki dengan kecepatan normal selama 3 menit dan melangkah lebih cepat selama 1 menit. Dengan demikian latihan tersebut dapat menaikkan dan menurunkan detak jantung Anda, sehingga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan lebih efisien dalam membersihkan tubuh dari gula dan lemak dari darah.

2. Total body workout

Total body workout atau yang lebih di kenal dengan olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh. Semakin banyak anda menggerakan otot – otot anda dalam suatu kegiatan atau olahraga makan akan semakin keras jantung Anda harus bekerja untuk mengimbanginya. Cara ini dapat membuat tubuh dan jantung anda akan menjadi kuat dengan sendirinya dan secara alami. Jenis – jenis olahraga yang dapat lakukan untuk total body workout ini adalah seperti mendayung, berenang, bermain ski, dan lainnya. Untuk hasil yang lebih baik anda dapat menambahkan atau menyelingi total body workout dengan beberapa latihan interval. Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Jantung.

3. Latihan mengangkat beban

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, semakin keras kita mengerjakan sesuatu atau berolahraga maka akan semakin keras dan cepat jantung anda berdetak. Hal ini terjadi untuk mengimbangi energi yang di butuhkan tubuh anda dalam melakukan aktivitas – aktivitas ini. Salah satu cara agar jantung kuat adalah dengan latihan mengangkat beban. Akan tetapi latihan ini harus di lakukan di bawah supervisi seorang ahli. Mengangkat beban dapat membuat otot – otot jantung anda lebih kuat. Baca juga: Olahraga untuk Jantung Lemah.

4. Yoga

Latihan seperti pilates atau yoga dapat memperkuat otot jantung anda dan juga meningkatkan fleksibilitas. Yoga telah di kenal untuk memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda, salah satu nya adalah untuk menurunkan tekanan darah, membuat pembuluh darah lebih elastis dan sangat menyehatkan bagi jantung anda. Baca juga: Manfaat Yoga untuk Jantung.

5. Kontrol tekanan darah Anda

Salah satu penyebab jantung lemah adalah tekanan darah yang sangat tinggi. Tekanan darah tinggi dapat terjadi karena faktor keturunan atau mengkonsumsi daging – daging seperti daging kambing. Cara terbaik untuk menguatkan jantung pada penderita jantung lemah adalah dengan mengontrol tekanan darah anda, dengan tidak mengkonsumsi makanan – makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang sehat dan di kategorikan normal adalah di bawah 120/80 mm Hg. Baca juga: Penyakit Jantung Tiroid.

6. Kontrol kolesterol

Kolesterol dapat sangat membahayakan tubuh anda. Kolesterol dapat menumpukan pada darah dan memblokir saluran atau pembuluh darah yang ada pada jantung. Hal ini akan sangat membahayakan kondisi jantung anda. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda harus menjaga makan anda untuk tidak mengkonsumsi segala jenis makanan yang mengandung lemak atau kolesterol yang berlebihan karena hal ini merupakan salah satu cara yang aman untuk menguatkan jantung anda. Baca juga: Penyakit Jantung Anemia.

Sponsors Link

7. Perbanyak konsumsi gandum

Gandum utuh di kenal sebagai salah satu makanan yang paling baik untuk jantung dan dapat menguatkan jantung secara alami. Anda dapat memulai hari anda dengan memakan sarapan oat meal yang merupakan makanan olahan dari gandum utuh, dan juga mengakhiri hari anda dengan oat meal sebagai makan malam. Selain oat meal, gandum utuh juga dapat di konsumsi dalam olahan roti gandum. Anda juga dapat membuat sandwich dari roti gandum dengan tambahan sayuran lain yang dikenal sebagai penguat jantung alami. Baca juga: Brugada Syndrom.

8. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Apa yang kita makan mendefinisikan kondisi kesehatan tubuh anda. Jantung yang memiliki fungsi sebagai pemompa darah, di mana darah adalah sebagai alat untuk mendistribusikan nutrisi dari makanan yang kita makan ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung kita sendiri. Jika anda ingin menguatkan jantung anda secara alami maka anda harus lebih sering untuk memakan makanan yang bernutrisi tinggi seperti sayuran hijau. Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

9. Konsumsi ikan

Berbagi jenis di kenal sebagai sangat baik untuk kesehatan jantung anda dan dapat menguatkan jantung secara alami. salah satu contohnya adalah ikan tuna dan ikan salmon. Kedua ikan ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan juga tidak seperti makanan laut lainnya, ikan tuna dan ikan salmon tidak memiliki lemak yang dapat menyebabkan terbentuknya kolesterol jahat pada tubuh anda dan juga menyebabkan tekanan darah tinggi. Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung.

10. Makan tepat pada waktunya 

Jika anda memiliki kebiasaan untuk selalu meninggalkan sarapan atau melewati sarapan pagi anda, maka segeralah hentikan kebiasaan tersebut untuk kebaikan jantung anda. Jantung anda sebagai salah satu organ vital pada tubuh anda selalu bekerja tanpa ada istirahatnya. Biarpun anda sedang tidur atau beristirahat, jantung anda terus bekerja. Untuk bekerja maka otot – otot jantung anda selalu membutuhkan energi. dan energi di dapatkan dari hasil pembakaran makanan yang kita makanan. Dengan seringnya melewati waktu makan maka tubuh anda tidak mendapatkan energi yang di butuh kan dan jantung anda pun akan melemah. Jadi salah satu cara agar jantung kuat adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan pada waktu yang tepat. Baca juga: Makanan untuk Lemah Jantung.

ads

11. Pilih cemilan sehat

Sebenarnya tidak semua cemilan membahayakan tubuh anda. Tetapi beberapa cemilan tidak sehat seperti aneka keripik atau gorengan dapat membahayakan tubuh anda dan juga jantung anda. Jika Anda menderita jantung lemah maka ada sebaiknya anda segera berhenti dari hobi cemilan yang tidak sehat tersebut. Sebaliknya anda dapat mengganti cemilan yan tidak sehat tersebut dengan beberapa jenis cemilan yang sehat seperti sayuran rebus, potongan buah, pop corn, kacang panggang, atau keripik buah.

12. Konsumsi lemak baik

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya lemak yang jahat dapat membuat atau memperbanyak kolesterol jahat pada darah dan tubuh anda. Kolesterol ini kemudian akan menumpuk pada darah dan pembuluh darah anda dan  akhirnya menumpuk pada jantung anda. Untuk mencegah hal ini terjadi dan juga menguatkan jantung anda secara alami anda dapat mengkonsumsi lemak baik yang dapat anda dapat kan  dari segala jenis  kacang-kacangan, biji-bijian, ikan seperti, salmon, sarden, lele, atau patin. Baca juga: Bahaya Lemak di Jantung.

13. Kelola emosi dan stress

Emosi yang tidak stabil dapat memicu perasaan stress dan tegang. Dan jika anda tegang atau pun stress makan jantung anda akan berdetak sangat cepat, dan detak jantung yang sangat cepat ini sangat tidak baik bagi kesehata anda karena dapat menyebabkan aritmia jantung. Untuk menguatkan jantung anda yang lemah, maka selalu kontrol pikiran dan emosi anda hingga tidak terjadi stress.

14. Hentikan kebiasaan buruk

Kebiasaan yang merusak jantung seperti meminum minuman beralkohol, merokok atau mengkonsumsi segala jenis obat – obatan seperti narkoba sangat berakibat buruk pada kesehatan anda. Karena semua kebiasaan buruk itu dapat menyebarkan racun pada tubuh anda, termasuk jantung. Jika anda penderita jantung lemah dan memiliki salah satu kebisaan buruk tersebut makalah segeralah berhenti dan hal tersebut akan menguatkan jantung anda.

15. Berkonsultasi dokter

Jika anda menderita penyakit jantung lemah, maka segera lah konsultasi keadaan anda pada dokter anda. Penyakit jantung lemah memang pada awalnya tidak berbahaya akan tetapi jika biarkan maka hal tersebut dapat membahayakan jiwa anda. Dokter juga dapat memberikan beberapa tips aman untuk menguatkan kembali jantung anda yang lemah. Baca juga: Fungsi EKG Jantung.

16. Menggunakan aplikasi penghitung kalori

Di jaman yang canggih sekarang, anda dapat menggunakan telepon anda untuk berbagai hal termasuk mengecek berbagai cara aman untuk menguatkan jantung lemah anda. Seperti yang di sebutkan sebelumnya, cara aman untuk menguatkan jantung adalah untuk mengontrol tekanan darah, kolesterol dan asupan kalori anda. Nah untuk hal ini anda tidak perlu sering – sering berkonsultasi dokter yang hanya akan memakan uang anda, tetapi anda bisa menggunakan salah satu aplikasi dari smartphone anda untuk membantu anda menghitung tekanan darah, kolesterol dan asupan kalori anda sebagai salah satu cara aman dalam menguatkan jantung lemah. Baca juga: Manfaat CoQ10 untuk Jantung.

Demikian lah beberapa cara aman dan alami untuk menguatkan jantung lemah yang dapat di coba di rumah anda. Semua cara – cara di atas sangatlah aman untuk di coba sendiri. Akan tetapi jika anda sedang dalam konsultasi dokter, meminum obat untuk penyakit anda lainnya, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu sebelumnya mencoba cara – cara di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup