6 Penyebab Jantung Berdetak Kencang dan Keringat Dingin

Sekarang ini kita harus waspada karena banyak sekali penyakit yang bisa kita alami. Berbagai gejala bisa muncul menyerang kita dan bisa membuat kesehatan kita menjadi menurun. Tentu saja ketika kesehatan kita menurun tentu bisa menganggu aktifitas kita setiap harinya ya. Nah jika tidak ingin aktifitas menjadi menurun dan terganggu maka Anda harus perhatian terhadap penyakit yang Anda alami. Apakah Anda pernah merasakan jantung berdetak kencang dan keringat dingin? Jika iya maka Anda harus mengetahui penyebabnya, karena beberapa gejala tersebut bisa merupakan ciri jika Anda mengalami gangguan atau masalah pada keksehatan. Berikut adalah penyebab mengapa Anda bisa mengalami keringat dingin serta jantung yang berdetak kencang ya :

1. Gangguan panik

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa menyebabkan Anda merasakan jantung yang berdebar kencang dan juga muncul keringat dingin. Dari gejala yang Anda alami tersebut bisa jadi Anda mengalami gangguan panik. Jika Anda mengalami gangguan panik maka Anda akan mengalami beberapa gejala seperti jantung yang berdebar-debar, keringat dingin, tubuh yang gemetar, pusing, nyeri pada dada, lemas, merasa seperti akan mati, sampai mengalami sakit perut yang terkadang diseetai dengan diare. Dan biasanya jika gangguan panik ini tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dan kemudian menyebabkan Anda mengalami nyeri pada ulu hati, mual dan muntah, serta kembung.

Gangguan panik ini harus segera diatasi karena pada kondisi tertentu bisa kambuh. Dan jika sedang kambuh maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti mencoba untuk rileks dan juga mengatur pernapasan, selain itu minumlah segelas air putih dingin, mengelola stres dengan baik, beristirahat dengan baik dan cujup, makan makanan yang bergizi, dan mencoba untuk melakukan yoga. Atau jika gangguan panik Anda masih sering muncul dan kambuh maka kami menyarankan supaya Anda berkonsultasi pada dokter saja sehingga bisa mendapatkan solusi yang tepat.

1. Setelah melakukan aktifitas berat

Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mengapa Anda mengalami kedua gejala di atas. Selain karena gangguan panik atau gangguan cemas. Jantung yang berdebar dengan cepat dan juga keringat dingin yang Anda alami ini bisa disebabkan setelah Anda melakukan aktifitas yang berat. Misalnya saja setelah Anda melakukan angkan beban yang berat, atau mungkin karena Anda habis berolahraga ekstrim. Jika memang benar Anda baru saja melakukan aktifitas yang berat kemudian merasa jantung berdebar kencang dan mengalami keringat dingin maka Anda harus melakukan beberapa tips penting berikut ini.

Jangan lupa setelah beraktifitas panjang Anda minum air putih sehingga tidak sampai mengalami dehidrasi karena dehidrasi bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa gejala jantung yang berdebar kencang dan juga keringat dingin. Selain itu jika Anda merasa lelah dan sudah tidak kuat lagi maka jangan lanjutkan kegiatan atau aktifitas berat Anda. Lebih baik mengambil waktu untuk beristirahat.

1. Penyakit jantung

Tidak hanya karena diserang gangguan panik atau cemas, dan juga aktifitas berat saja. Anda bisa mengalami kedua gejala ini jika memiliki riwayat penyakit jantung. Jantung berdebar dan juga keringat dingin ini bisa menjadi salah satu tanda jika Anda mengalami penyakit jantung. Berbagai masalah jantung yang mungkin saja Anda alami adalah gangguan sepertipenyakit jantung koroner, penyakit jantung lemah, jantung bocor, aritmia jantung, dan juga angina pectoris. Biasanya selain mengalami kedua gejala utama itu Anda akan mengalami gejala seperti nyeri pada dada atau dada yang sesak, dan juga mudah lelah. Jika Anda mengalami gejala seperti yang sudah kami sebutkan tadi maka kami menyarankan supaya Anda segera memeriksakan kondisi ke dokter ya.

1. Dehidrasi

Penyebab Anda mengalami jantung berdetak kencang dan keringat dingin yang keempat adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Seperti yang sudah kita ketahui jika tubuh kita tersusun dari 70% hingga 80% air. Oleh karena itu kita tentu saja membutuhkan air sehingga metabolisme tubuh bisa tercukupi dengan baik. Kekurangan asupan air atau dehidrasi bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terhambat, bahkan jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan kita mengalami kerusakan organ tubuh yang tentu saja berpengaruh bagi kesehatan kita nantinya. Oleh karena itu rajin-rajinlah minum air putih sehiingga tidak sampai mengalami  dehidrasi ya. Karena dehidrasi ini bisa cukup membahayakan bagi tubuh dan bahkan efek panjangnya bisa menyebabkan kematian, jadi jangan menyepelekan dehidrasi ya.

1. Terpapar nikotin

Selain karena dehidrasi dan penyebab lainnya yang sudah kami sebutkan di atas, Anda bisa juga mengalami beberapa gejala ini dikarenakan Anda terpapar nikotin yang ada di dalam rokok dalam waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang merupakan perokok aktif maka akan terpapar nikotin dalam waktu yang cukup lama. Dan biasanya efek dari nikotin yang bersarang di dalam tubuh dalam waktu yang lama itu adalah Anda akan mengalami jantung yang sering berdebar-debar dan bahkan juga bisa muncul keringat dingin. Jika memang Anda sering merokok dan mengalami kedua gejala itu maka kami menyarankan supaya Anda berhenti merokok sementara waktu dan berkonsultasi dengan dokter.

1. Perubahan hormonal

Anda harus memperhatikan beberapa gejala yang Anda sering alami dan tidak boleh mengabaikannya ya. Karena gejala-gejala seperti itu bisa saja menunjukkan jika Anda mengalami penyakit. Jika Anda adalah seorang wanita dan mungkin mengalami jantung yang berdebar kencang dan mungkin sering keluar keringat dingin maka bisa jadi Anda mengalami perubahan hormonal seperti misalnya menstruasi, sedang hamil, atau mungkin karena akan memasuki masa menopause.

Itu tadi beberapa penyebab dari jantung berdetak kencang dan keringat dingin. Jika masih merasakan gejala yang sama maka kami menyarankan supaya Anda segera berkonsultasi pada dokter. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

, , , ,