Kanker Jantung : Penyebab – Gejala – Pengobatan

Selama ini berbagai masalah jantung memang menjadi hal yang sangat menakutkan untuk semua orang. Misalnya saja seperti kondisi gagal jantung yang akan membuat jantung tidak berfungsi selama beberapa detik atau menit. Meskipun hal itu terjadi dalam waktu yang sangat singkat tapi efeknya sangat besar sebab bisa menyebabkan kematian pada penderita.

Selain itu masih ada banyak penyakit jantung yang bisa menyerang bagian katup dan sistem kerja jantung yang lain. Sehingga apapun gangguan pada jantung bisa menyebabkan risiko yang sangat besar pada penderitanya. Termasuk seperti penyakit kanker jantung yang menjadi penyakit langka namun sangat mematikan. Karena itu kali ini kami akan menyampaikan mengenai kanker jantung berupa penyebab, gejala, dan pengobatan.

Seperti jenis kanker lain yang menyerang berbagai organ tubuh tertentu, kanker jantung juga adalah jenis kanker yang khusus menyerang jantung. Sementara itu fungsi jantung sangat penting untuk menjaga aliran darah dalam tubuh tetap terjadi dengan baik.  Penyakit kanker jantung sendiri dikatakan sebagai penyakit yang sangat langka. Bahkan di negara seperti Amerika dan kawasan Barat lain, angka temuan penyakit ini hanya sekitar 1 kejadian dalam 1 tahun.

Awal mula terjadinya penyakit kanker jantung juga dianggap sama seperti jenis kanker yang lain. Dimana ada beberapa sel yang mengalami pembelahan secara tidak normal lalu rusak dan sel-sel yang tidak normal ini berkembang pada organ jantung.

1. Penyebaran kanker dari organ lain

Kanker jantung bisa tumbuh di semua bagian jantung. Hal ini sering terjadi karena awalnya penderita sudah mengalami kanker baik itu pada organ tubuh lain atau langsung pada jantung. Penyebaran sel abnormal ini sering membuat jantung terkena efeknya sehingga dinamakan juga kanker jantung sekunder.

Berbagai jenis kanker di organ lain seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker kulit dan leukimia bisa menyebar sampai jantung sesuai dengan anatomi jantung. Hal ini karena fungsi jantung yang mengedarkan darah ke semua organ tubuh sehingga penyebaran sel abnormal memang lebih cepat.

2. Faktor pemicu lain

Kanker jantung juga bisa disebabkan oleh penyakit non kanker sebelumnya, misalnya seperti:

• Hipertensi : dimana tekanan darah tinggi akan menyebabkan dampak serius pada kerusakan sel jantung sehingga sel membelah menjadi sel abnormal yang akhirnya menjadi kanker.
  • Kelainan jantung: berbagai jenis penyakit yang menyerang semua bagian-bagian jantung akan memicu proses pembelahan sel jantung yang tidak normal. Dan inilah yang menyebabkan jantung akhirnya terkena kanker.
  • Penyakit jantung koroner: jenis penyakit yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebihan ini juga akan menyebabkan kanker. Hal ini karena proses metabolisme lemak dalam tubuh menjadi tidak sehat dan akhirnya terkena penyakit kanker jantung.
  • Merokok: kebiasaan merokok akan menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker jantung. Kondisi ini bisa memberi dampak yang lebih buruk jika sudah terjadi penyebaran kanker dari kanker paru.
  • Obesitas: obesitas akan menjadi hal yang sangat buruk untuk jantung. Penumpukan lemak dalam jantung akan meningkatkan risiko munculnya kanker jantung. Dan kondisi ini yang bisa membuat terbentuknya kanker jantung.

Gejala

1. Tidak selalu menyebabkan gejala

Ternyata penyakit kanker jantung juga tidak selalu menyebabkan gejala. Kondisi ini bisa terjadi ketika sebelumnya penderita tidak mengeluh dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Namun kemudian secara tiba-tiba gejala berkembang dengan sangat cepat sampai terdeteksi penyakit kanker jantung.

2. Nyeri dada

Kanker jantung biasanya akan menyebabkan nyeri dada yang sangat parah. Kondisi ini sering terjadi ketika pertumbuhan tumor dalam jantung sangat pesat sehingga jantung mengandung banyak cairan pada bagian perikardia. Cairan yang terus menumpuk akan menyebabkan kerja jantung menjadi lemah sehingga sakit pada dada akan muncul dengan cepat.

3. Sesak nafas

Sama seperti penyakit jantung yang lain maka kanker jantung sering menyebabkan penderita mengalami sesak nafas. Kondisi sesak nafas ini bisa membuat proses sirkulasi darah dan oksigan terganggu. Akhirnya penderita akan mengalami nafas yang sangat pendek, sakit saat bernafas dan tubuh tidak mampu melakukan aktifitas fisik.

4. Muncul masalah detak jantung

Detak jantung yang tidak normal menjadi kondisi yang sangat terasa. Biasanya penderita akan merasa detak jantung menjadi sangat cepat atau lambat yang kemudian diikuti dengan gejala yang lain seperti sesak nafas atau nyeri dada. Kondisi ini tidak boleh diabaikan dan sebaiknya segera pergi ke rumah sakit.

5. Sering pingsan

Penderita kanker jantung biasanya juga akan sering pingsan secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa terjadi karena proses sirkulasi darah yang sangat lambat sehingga tubuh akan kehilangan oksigen.

6. Mulai muncul tanda embolisasi

Kanker jantung sering ditandai dengan embolisasi dimana tumor mulai menyebar ke organ tubuh yang lain. Gejala embolisasi yang sangat jelas seperti sering merasa nyeri pada tungkai, tidak bisa berjalan normal, nyeri pada area jantung dan ginjal, dan sulit merasakan sensasi gerakan atau getaran.

7. Mulai muncul gejala kanker umum

Kemudian penderita kanker jantung akan merasakan berbagai gejala kanker yang sangat umum, seperti kehilangan berat badan dengan cepat, tidak nafsu makan, demam, jari kaki dan tangan cenderung lebih dingin, berkeringat saat malam hari dan terkena anemia.

Pengobatan

1. Tes kanker jantung

Setelah penderita mengeluh dan dokter curiga pasien terkena kanker jantung, maka sangat disarankan untuk mengikuti beberapa tes medis, seperti:

• MRI: tes ini dilakukan untuk melihat kondisi jantung secara keseluruhan.
  • Echokardiogram: ini adalah langkah untuk memeriksa fungsi dan semua bagian struktur jantung dengan memanfaatkan gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi.
  • ECG: ini adalah sebuah tes yang digunakan untuk merekam  semua aktivitas listrik pada jantung.

2. Perawatan kanker umum

Pada dasarnya penderita kanker jantung akan mendapatkan perawatan jantung umum seperti dengan kemoterapi, radiasi atau dengan terapi hormon. Perawatan ini bertujuan untuk menyembuhkan kanker dan mengurangi gejala penyebaran kanker. Tapi terkadang perawatan ini menyebabkan dampak serius untuk jantung seperti kerusakan jantung permanen.

Itulah semua informasi mengenai kanker jantung berupa penyebab, gejala, dan pengobatan. Segera pergi ke rumah sakit jika merasa ada gejala tidak normal pada jantung.

, ,