Sponsors Link

10 Nutrisi untuk Jantung Bocor yang Menyehatkan

Sponsors Link

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling penting. Jantung merupakan otot yang selalu berdetak, pusat dari semua kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Setiap makhluk pasti memiliki jantung, khususnya manusia. Menjaga dan merawat jantung amat penting karena jantung yang tidak sehat dapat menyebabkan resiko kematian lebih tinggi daripada orang yang memiliki jantung yang normal.

ads

Baca juga: NCP Penyakit Jantung.

Memberi asupan nutrisi kepada jantung amat penting dilakukan, sebab jantung yang kekurangan nutrisi akan mengakibatkan berbagai masalah penyakit datang dengan sendirinya. Memiliki jantung yang sehat merupakan kebanggaan tersendiri, khususnya bagi orang-orang yang mencintai kesehatan. Namun kebanyakan orang lupa akan pentingnya kesadaran diri dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain penyakit jantung koroner, salah satu penyakit jantung yang lain dengan tingkat kematiannya tinggi adalah jantung bocor. Terjadinya kebocoran jantung diakibatkan oleh fungsi katup jantung yang tidak dapat menutup secara sempurna. Biasanya, dokter menyarankan untuk melakukan operasi jantung bocor untuk mengatasinya. Namun Anda juga bisa membantu proses penyembuhannya dengan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung agar bisa kembali stabil.

Berikut ini nutrisi untuk jantung bocor dan bisa juga sebagai pencegahan bagi Anda yang jantung masih sehat, agar tidak terkena jantung bocor:

1. Kandungan DHA

Makanan yang mengandung DHA sangat baik bagi kesehatan jantung manusia, terutama untuk penderita kebocoran jantung yang sudah sangat parah. Kandungan DHA biasanya terdapat pada segala macam jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Kandungan DHA telah banyak terbukti dapat menyembuhkan penyakit kebocoran jantung.

Baca juga:

2. Karbohidrat dan Protein

Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi. Lebih dari itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai penurun tingkat keluhan kebocoran jantung, karena dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit kebocoran jantung. Karbohidrat biasanya terdapat di gandum, buah-buahan, jagung, ubi-ubian dan lain sebagainya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat setiap hari dapat membantu mengurangi penyakit kebocoran jantung.

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit kebocoran jantung, karena protein merupakan nutrisi yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit-penyakit yang terjadi dari dalam tubuh, seperti penyakit jantung bocor.

Baca juga: Pencegahan Jantung Koroner

3. Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit kebocoran jantung, pasalnya kebanyakan pasien yang mengalami penyakit jantung bocor mengalami resiko kematian lebih besar daripada pasien yang rajin mengkonsumsi vitamin. Vitamin berfungsi untuk memperkuat daya tahan dan otot jantung. Baca juga: Suplemen Jantung Terbaik.

4. Air

Air merupakan bagian yang paling penting dari segala jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, apalagi nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita penyakit jantung bocor. Pasalnya air merupakan tempat tertampungnya segala nutrisi yang Anda konsumsi sehari-hari. Tubuh membutuhkan air untuk mengolah nutrisi-nutrisi agar dapat beraktivitas sebagaimana fungsinya masing-masing. Tanpa air nutrisi-nutrisi yang Anda konsumsi selama ini akan menjadi sia-sia saja.

Sponsors Link

Baca juga:

5. Mineral

Mineral merupakan jenis nutrisi yang diperlukan oleh penderita penyakit kebocoran jantung, pasalnya mineral berfungsi sebagai asupan sel-sel tubuh, membantu reaksi kimia pada jantung, pengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta untuk pemeliharaan dan pembentukan tulang. Oleh sebab itu penderita penyakit kebocoran jantung sangat direkomendasikan untuk sering-sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar mineral yang tinggi.

6. Serat

Serat sangat baik bagi kesehatan jantung, terutama bagi penderita penyakit jantung bocor. Serat merupakan bagian dari karbohidrat yang sangat membantu dalam proses penyembuhan kebocoran jantung. Serat melewati sel-sel tubuh tanpa melakukan proses pemecahan gula, jadi serat akan sangat membantu Anda dalam proses penyembuhan yang cepat untuk penyakit jantung bocor.

Baca juga: Pantangan Makanan Jantung RematikMakanan untuk Jantung Rematik.

7. Zat Besi

Zat besi membantu Anda dalam memperlancar aliran darah, sehingga membantu dalam hal memperbaiki fungsi-fungsi otot yang rusak, termasuk otot jantung yang mengalami kebocoran. Zat besi biasanya terdapat pada sayur sayuran seperti lobak, wortel dan daging merah. Namun apabila Anda mengkonsumsi daging merah sebagai alternatif untuk mendapatkan zat besi, ada baiknya jika Anda menjaga kadar konsumsinya agar tidak berlebihan.

8. Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang dikategorikan sebagai penambah atau penunjang dalam proses penyembuhan penyakit kebocoran jantung. Hal ini dikarenakan zinc hanya bermanfaat sebagai penyembuhan luka dan bersifat sekunder dan tidak bersifat primer. Namun zinc sangat berperan aktif dalam menjalankan tugasnya. Biasanya zinc terdapat pada tumbuhan lidah buaya.

Sponsors Link

Baca juga: Obat Herbal Jantung Bocor.

9. Kalium

Kalium digunakan tubuh untuk menjaga kadar air yang berada dalam tubuh. Kadar air yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh, namun kadar air yang tidak tercukupi juga akan berdampak buruk bagi tubuh. Oleh sebab itu kalium dibutuhkan untuk menjaga kadar air yang berada pada tubuh penderita penyakit jantung bocor.

Baca juga: Manfaat Senam Bagi Jantung.

10. Selenium

Selenium berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel yang berada pada jantung manusia dan sebagai antioksidan. Biasanya penyakit kebocoran jantung dikarenakan kebanyakan orang kekurangan selenium, sehingga sel-sel yang rusak di jantung tidak diperbaiki dengan segera.

Baca juga:

Penderita penyakit jantung bocor juga harus menghindari jenis makanan di bawah ini agar penyakit tidak bertambah parah:

  • Makanan yang mengandung tingkat kolesterol tinggi, seperti: daging, cumi, cokelat, jeroan, kuning telur, dan gorengan.
  • Makanan dan minuman yang mengandung tingkat alkohol tinggi, seperti: minuman keras, durian dan tape.
  • Makanan yang mengandung lemak jahat yang berasal dari tumbuhan, seperti: margarin, minyak kelapa, santan dan minyak goreng.

Demikianlah info mengenai nutrisi untuk jantung bocor dan beberapa makanan yang harus dihindari. Sebelum terkena jantung bocor, ada baiknya Anda mengkonsumsi jenis-jenis nutrisi di atas dan hindari makanan yang dilarang. Jaga selalu gaya hidup jantung sehat agar Anda terhindar dari segala jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gizi