Sponsors Link

18 Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner Yang Menyehatkan

Sponsors Link

Menjaga pola makanan sehat merupakan salah satu kegiatan agar dapat menjaga kondisi tubuh dari bahaya berbagai macam penyakit. Saat memiliki penyakit pun kita harus tetap menjaga pola makan agar dapat mengontrol diri dan tidak menyebabkan penyakit yang diderita semakin kronis, dari pola makan yang sehat kita mengatur diri dan memberi asupan kepada tubuh zat-zat yang dibutuhkan. Suplai makanan dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ini tentu saja dapat membantu organ tubuh dalam melakukan fungsinya.

ads

Penyakit jantung di Indonesia sendiri merupakan pembunuh nomor satu. Itulah banyak dari masyarakat yang kini sadar akan hidup sehat, rajin berolahraga, dan mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan agar dapat mencegah jantung. Ada beberapa ­buah-buahan yang baik untuk jantung dan paru-paru yang dapat dikonsumsi setiap hari secara bergantian oleh anda, namun ada juga beberapa pantangan makanan penyakit jantung koroner yang wajib anda hindari agar tidak menyebabkan masalah yang cukup serius dikemudian hari. Lalu apa saja jenis makanan yang dapat dikonsumsi bagi jenis-jenis penyakit jantung khususnya penderita jantung koroner? Berikut penjelasannya :

  1. Yogurt

Yogurt merupakan susu yang melalui proses fermentasi bakteri dimana susu yang dapat dibuat sebagai yogurt adalah susu dari berbagai jenis termasuk susu yang berasal dari kacang kedelai. Yogurt sendiri ternyata sudah populer sejak 4.500 tahun, sejak abad ke-3 Sebelum Masehi. Yogurt sendiri berasal dari bahasa Turki yang berarti ‘padat’, hal ini diambil dari teori yang didasarkan pada buku-buku yang ditulis pada abad ke-11 dimana orang Turki yang pada saat itu melakukan imigrasi ke Eropa dan membawa susu sebagai bekal perjalanannya. Dari sinilah bakteri alami dari tas kulit kambing yang dibawa sang pengembara membuat susu menjadi padat dan membentuk yogurt. Hingga saat ini yogurt pun dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk bagi penderita jantung koroner karena menurut penelitian dengan mengkonsumsi yogurt maka akan melindungi gusi yang dipercayai jika gusi mengalami penyakit maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung seseorang. Selain itu mengkonsumsi yogurt dapat memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh

  1. Kismis

Siapa yang tidak kenal kismis? Makanan ini biasanya dapat dijumpai di atas roti yang dijual sebagai pemanis. Namun makanan yang terbuat dari anggur yang dikeringkan ini ternyata bagus untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung karena memiliki antioksidan yang dapat memerangi tumbuhnya bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Sudah jelas bahwa dari penyakit gusi ini dapat menyebabkan penyakit jantung yang semakin parah. Kismis sendiri sudah dikenal sejak abad ke-11 Masehi. Walaupun kecil ternyata memiliki banyak manfaat ya.

  1. Biji-bijian

Mengkonsumsi biji-bijian ternyata dipercaya untuk memiliki resiko rendah terkena penyakit jantung koroner. Hal ini dapat terjadi karena kandungan biji-bijian ini terdapat antioksidan, fitoestrogen, dan pitosterol yang menjaga tubuh dari penyakit jantung koroner. Tak hanya itu, serat dalam biji-bijian ini ternyata dapat membantu seseorang untuk menjalani diet tinggi serat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Serat larut yang terkandung dalam biji-bijian dapat menurunkan kolesterol jahat. Salah satu biji-bijian yang kaya akan serat larut tinggi adalah gandum, jagung, dan beras merah. Ketiganya merupakan jenis biji-bijian yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia.

  1. Kacang hijau

Salah satu makanan yang menguatkan jantung lainnya adalah kacang hijau. Kacang hijau sendiri merupakan sebuah tanaman palawija (tanaman hasil panen kedua di samping padi) yang sudah dikenal luas di seluruh daerah tropis. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis polong-polongan. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi kacang hijau maka akan membantu untuk menyehatkan jantung anda. Cara mengkonsumsinya tidak harus dalam porsi yang banyak, menurut Journal of Nutrition setengah cangkir kacang hijau setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kacang hijau mengandung serat larut dan zat lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, selain itu kacang hijau juga dapat membantu melindungi jantung yang dapat menurunkan resiko serangan jantung maupun stroke.

  1. Ikan salmon

Menu diet jantung yang dapat dikonsumsi oleh anda selanjutnya adalah menu ikan salmon. Salmon menurut Wikipedia merupakan jenis ikan yang hidup di Samudra Atlantik dan Pasifik, dengan mengkonsumsi ikan ini selana 2 sampai 3 kali dalam seminggu dapat membantu anda menurunkan tingkat resiko penyakit jantung koroner dalam jangka yang sangat panjang. Dalam ikan salmon terdapat lemak omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah detak jantung yang tidak teratur. Manfaat lain dari ikan ini adalah untuk mencegah pengerasan arteri dan menghindari dari serangan jantung karena dengan mengerasnya arteri ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah yang dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Sponsors Link

  1. Ikan tuna

Selain ikan salmon, ada satu jenis lagi ikan yang mengandung omega-3, yaitu ikan tuna. Ikan yang ini merupakan ikan yang paling handal daram berenang dan memiliki warna daging merah muda. Hal ini terjadi karena otot ikan ini banyak mengandung myoglobin (protein yang berbentuk bulat yang dapat menyimpan oksigen) dibandingkan jenis ikan lainnya. Selain mengandung omega-3, ikan tuna juga mengandung vitamin B12, D, Niacin, dan Selenium. Niacin sendiri dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Namun, mengkonsumsi ikan tuna juga harus bijak karena menurut beberapa penelitian ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri, salah satunya adalah ikan tuna ini. Kandungan merkuri sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan keracunan jika pengolahan makanannya tidak baik untuk itu saat mengolah makanan ini sebaiknya memilih atau mengetahui bagaimana jenis ikan tuna yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Kacang

Dalam kacang-kacangan terdapat banyak vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menyehatkan jantung. Salah satu jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung adalah :

  • Walnut, atau biasa yang disebut sebagai kacang kenari di Indonesia merupakan jenis kacang-kacangan yang dapat membantu menyehatkan jantung. Senggenggam kacang walnut dapat menurunkan kolesterol seseorang juga dapat melindungi peradangan yang terjadi pada bagian arteri jantung. Ternyata kacang ini juga memiliki kandungan omega-3s dan lemak jenuh tak tunggal.
  • Almond, salah satu kacang yang terkenal di Indonesia ini memiliki kandungan sterol, serat, dan lemak jantung sehat. Kandungan yang terdapat pada kacang jenis ini dapat membantu meningkatkan lemak darah baik untuk jantung, selain itu dengan mengkonsumsi jenis kacang ini dapat membantu anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan segenggam kecil kacang almond. Cara mengkonsumsinya pun beragam sesuai dengan keinginan anda.
ads
  1. Coklat hitam

Salah satu manfaat coklat untuk jantung adalah menstabilkan detak jantung. Salah satu jenis coklat yang dapat membantu menyehatkan jantung adalah coklat yang kaya akan flavanol karena memiliki efek mengencerkan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung lainnya. Flavanol dalam coklat dapat meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah dan menekan tingkat resiko berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, ginjal, dan demensia. Ternyata selain enak dikonsumi dan membantu menurunkan emosi yang sedang tidak baik, coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung.

  1. Tomat

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi tomat, buah kecil berwarna merah itu kaya akan vitamin C, A, Kalium, dan serat. Tak hanya itu, tomat juga ternyata mengandung lycopene yang fungsinya bekerja sama dengan vitamin di dalamnya untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner. Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini dapat dikonsumsi sebagai sayur dalam masakan atau dimakan langsung tanpa diproses.

  1. Apel

Manfaat apel untuk jantung adalah untuk mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung koroner. Dalam kandungan apel terdapat flavonoid yang memiliki peran untuk mencegah proses oksidasi kolesterol jahat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti Finlandia selama 28 tahun dengan koresponden sebanyak 9.208 yang terdiri dari pria juga wanita, ditemukan bahwa yang gemar mengkonsumsi buah apel lebih kecil resikonya terhadap serangan jantung dan stroke. Kandungan flavanoid ini juga dapat mencegah penumpukan bakteri pada arteri yang dapat menyebabkan peradangan. Apel menjadi buah yang paling disarankan bagi penderita jantung koroner.

  1. Aneka buah beri

Buah-buahan beri (strawberry, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry, dan berbagai jenis buah beri lainnya) dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dimana kedua hal ini merupakan sebuah hal positif bagi penderita jantung. Buah-buahan ini ternyata mengandung polifenol yang meningkatkan kadar oksida nitrat yang menghasilkan efek untuk jantung sehat dan dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Delima merah

Buah delima merah ini menurut penelitian dapat mengurangi penumpukan bakteri di arrteri dan menurunkan tekanan darah. Kandungan atau senayawa antosianin di dalamnya ini yang membantu mengurangi bakteri atau plak dalam jantung dan dibandingkan dengan jus buah-buahan beri ternyata buah delima merah ini megandung antioksidan yang lebih tinggi dan bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Pisang

Salah satu buah berwarna kuning ini sudah menjadi buah yang lazim ditemukan di Indonesia. Buah pisang ternyata memiliki kandungan kalium yang menjaga fungsi jantung serta menyeimbangkan natrium dan air di dalam tubuh. Manfaat lain dari buah pisang untuk kesehatan jantung lain adalah :

  • Menormalkan denyut jantung
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah kambuhnya penyakit jantung
  • Meredakan nyeri jantung
  • Mencegah penyakit jantung
  1. Teh hijau
Sponsors Link

Salah satu minuman yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat Indonesia saat ini adalah teh hijau. Kandungan antioksidannya dapat mencegah penyakit jantung koroner. Salah satu manfaat teh hijau untuk jantung antara lain :

  • Meningkatkan fungsi endotel
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengurangi resiko kematian
  • Memperlancar aliran darah
  • Dapat digunakan sebagai antioksidan

Selain ke-14 jenis makanan untuk penderita jantung koroner diatas, ada 4 jenis makanan lain yang dapat membantu menyembuhkan atau mengurangi penyakit jantung koroner.

  1. Popcorn
  2. Kedelai hitam
  3. Anggur merah
  4. Minyak zaitun

Itulah 18 jenis makanan untuk penderita jantung koroner yang aman untuk dikonsumsi dan tentunya menyehatkan bagi organ jantung kita. Konsumsi makanan di atas dengan takaran dan komposisi yang semestinya karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan