Benarkah Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung?

Jantung adalah organ yang sangat penting untuk kehidupan mahluk hidup. Manusia membutuhkan jantung sebagai mesin utama kehidupan karena organ ini yang mengalirkan darah dan oksigen ke semua organ tubuh. Tanpa jantung yang normal maka sulit untuk menjalani aktifitas. Sayangnya jantung terkadang tidak bisa bekerja normal karena penyakit jantung tertentu.

Semua usia bisa terpengaruh penyakit jantung, termasuk bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang lanjut usia. Hanya saja penyebab penyakit jantung koroner dan penyakit jantung umum memang sangat berbeda-beda. Bayi bisa menderita penyakit jantung karena kondisi penyakit jantung bawaan sejak lahir atau riwayat penyakit jantung dari keluarga. Anak-anak dan orang yang lebih dewasa bisa terkena gangguan jantung karena masalah kesehatan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Kemudian banyak isu yang mengatakan jika penyakit jantung selalu muncul dengan kondisi keringat pada telapak tangan atau tangan. Semua itu bisa membuat semua orang takut dan menganalisa kondisi sendiri. Agar tidak salah paham, maka berikut ini kami berikan ulasan mengenai benarkah tangan berkeringat tanda penyakit jantung?

Sebenarnya hubungan antara tubuh yang mengeluarkan keringat dan kerja jantung memang ada dan proses itu terjadi secara alami. Keringat yang berlebihan bisa menjadi salah satu tanda atau gejala serangan jantung paling awal. Hanya saja kondisi ini harus dilihat karena keringat berlebih saat olahraga juga dianggap hal yang normal. Jadi ketika keringat pada telapak tangan berlebihan bisa jadi tanda serangan jantung, jika keringat tersebut muncul saat tidak sedang berolahraga atau tubuh tidak sedang aktif.

Hal ini terjadi ketika jantung yang seharusnya memompa darah ke semua bagian tubuh tidak terjadi dengan normal. Jantung menjadi lemah karena tidak ada darah yang cukup masuk dan keluar dari jantung. Tubuh kemudian mengeluarkan banyak energi untuk mengirimkan pasokan darah meskipun itu dalam jumlah yang sedikit.

Kemudian tubuh akan berusaha untuk mendinginkan suhu dengan mengeluarkan banyak keringat. Jumlah keringat yang keluar juga tidak biasanya sehingga sangat jelas terlihat. Jadi benar bahwa telapak tangan berkeringat berlebihan jadi pertanda awal serangan jantung, namun hanya terjadi ketika tubuh tidak aktif. Sementara jika terjadi saat tubuh beraktifitas maka itu hal yang sangat normal.

Gejala Lain Penyakit Jantung

Stroke dan jantung menjadi salah satu penyebab kematian mendadak yang sangat tinggi di berbagai negara. Serangan jantung dan stroke membutuhkan perawatan medis segera. Semakin cepat ditangani maka tingkat pemulihan juga semakin tinggi. Lalu selain berkeringat maka penyakit jantung juga bisa menunjukkan gejala lain yang sifatnya cepat, seperti:

1. Dada tidak nyaman. Biasanya masalah pada jantung akan menyebabkan rasa nyeri dan tekanan di dada yang tidak nyaman. Rasa tidak nyaman bisa berlangsung selama beberapa menit. Tekanan dan rasa nyeri memang sulit diuangkapkan, tapi berkembang dari kondisi ringan sampai berat. Rasa nyeri ini bisa berkembang dari dada sampai ke leher, perut, lengan dan punggung. Bisa juga muncul dada terasa sakit di bagian tengah.
  2. Sulit bernafas. Tanda lain adalah penderita biasanya akan mulai sulit bernafas dengan normal. Ini bisa jadi tanda serangan jantung yang sangat cepat bersamaan dengan rasa nyeri pada adda. Menurut sebuah studi dibuktikan bahwa wanita yang mengalami nyeri dada ini identik dengan serangan jantung. Biasanya gejala muncul bersamaan saat tubuh beraktifitas seperti pekerjaan di rumah dan naik tangga. Waspadai juga adanya ciri sesak nafas karena jantung.
  3. Rasa lelah. Setelah mengalami dua gejala tersebut maka tubuh akan menjadi sangat lelah. Stroke juga bisa menunjukkan gejala ini sehingga memang harus waspada. Tada kelelahan ini bisa muncul dari skala yang ringan sampai berat. Jika saat dua gejala lain hanya muncul selama beberapa menit, maka gejala ini muncul dalam waktu beberapa hari, tapi biasanya sering diabaikan.
  4. Gangguan pencernaan. Sakit perut dan masalah pencernaan lain ternyata juga bisa menjadi tanda penyakit jantung. Tentu saja gejala ini juga diperkuat dengan munculnya rasa nyeri, sesak nafas dan kelelahan. Selain sakit perut maka gejala ini juga bisa membuat mual, muntah dan diare. Tapi biasanya gejala ini sering dianalisa sebagai masuk angin atau keracunan makanan. Jadi perlu untuk tahu perbedaan sakit jantung dan asam lambung.
  5. Tubuh terasa panas. Perasaan panas namun tidak demam juga bisa jadi gejala penyakit jantung. Gejala ini lebih sering muncul pada wanita daripada laki-laki. Selain itu gejala ini diperkuat dengan telapak tangan yang lembab dan rasa panas yang menyebar ke semua bagian tubuh.

Jika sudah muncul keringat berlebihan dan lima gejala penyakit jantung tersebut maka segera pergi ke rumah sakit. Dokter akan memastikan kondisi jantung dan memberikan perawatan yang tepat. Ingat bahwa perawatan yang tepat akan membuat serangan jantung atau masalah jantung bisa diatasi dengan baik dan menurunkan risiko kematian.

Penyebab Lain Tangan Berkeringat

Telapak tangan yang berkeringat berlebihan juga bukan hanya tanda dari penyakit jantung atau masalah kesehatan pada jantung. Salah satu penyebab telapak tangan berkeringat adalah ketika tubuh mengalami hyperhidrosis. Gangguan ini akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang berlebihan pada bagian telapak tangan, kaki dan ketiak. Keringat bisa muncul kapan saja bahkan saat tidak sedang olahraga. Rasa cemas dan khawatir sering memicu masalah ini dan keringat berlebihan. Juga tidak ada tanda detak jantung normal.

Kondisi utama yang memicu masalah ini adalah ketika sistem syaraf simpatis bekerja secara berlebihan. Hal ini akan membuat detak jantung sangat cepat, aliran darah ke semua bagian tubuh meningkat dengan cepat dan akhirnya tubuh mengeluarkan energi dan keringat yang sangat banyak.

Perawatan

1. Obat antiprespirant. Ini adalah salah satu jenis bahan antiprespirant yang hanya diresepkan dokter untuk mengurangi produk keringat berlebihan pada ketiak.
  2. Prosedur Iontophoresis. Ini adalah prosedur yang akan membuat sebuah arus listrik yang kecil masuk ke tubuh melalui kulit untuk mengurangi produksi keringat berlebihan.
  3. Obat oral. Dokter mungkin bisa memberi obat antikolinergik yang bisa mengurangi keringat berlebihan.
  4. Prosedur bedah. Sebuah prosedur yang dinamakan simpatektomi digunakan untuk mengurangi produksi keringat berlebohan. Operasi dilakukan dengan membuat sayatan kecil di bagian ketiak untuk mengurangi atau membagi beberapa syaraf simpatik yang berlebihan pada area ini.

Itulah ulasan tentang benarkah tangan berkeringat tanda penyakit jantung? Kondisi penyakit jantung memang sangat berbahaya sehingga waspada juga dengan gejala lain.

, , , ,