7 Gejala Kelainan Jantung Bawaan Sejak Lahir

Sekarang ini kita semua harus selalu waspada ya, karena berbagai macam penyakit bisa saja menyerang kita. Salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia adalah penyakit jantung ya. Hampir lebih dari 150 ribu kasus penyakit jantung yang ada di Indonesia ini meresahkan, bahkan banyak penderita penyakit jantung yang bahkan meninggal karena mengalami berbagai macam penyakit jantung. Ada juga orang yang mengalami penyakit jantung bawaan sejak lahir, oleh karena itu kami akan menyampaikan informasi penting mengenai gejala penyakit jantung bawaan untuk Anda. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda :

1. Mudah lelah

Penyakit jantung tidaklah pandang bulu ya, penyakit yang mematikan ini bisa saja menyerang segala kalangan. Mulai dari yang kecil sampai orang tua bisa memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung. Ada banyak orang yang mengalami penyakit jantung sejak mereka lahir atau sering disebut sebagai penyakit jantung bawaan. Salah satu gejala atau ciri yang paling kentara jika Anda mengalami penyakit jantung bawaan sejak lahir adalah Anda akan mengalami ciri yaitu mudah lelah. Bahkan walau Anda tidak melakukan aktifitas yang berat sekalipun maka Anda akan merasa mudah lelah. Jika mudah lelah maka curiga jika Anda mengalami penyakit jantung bawaan ya. Ketahuilah juga bahaya penyakit jantung koroner ini.

1. Nyeri pada dada

Ciri kedua jika Anda mengalami penyakit jantung bawaan sejak lahir atau sejak kecil adalah Anda akan mengalami nyeri pada bagian dada Anda. Nyeri atau rasa sakit pada dada itu adalah salah satu gejala paling umum jika seseorang menderita penyakit jantung. Nyeri pada dada ini disebut sebagai angina jika di dalam dunia medis. Dan selain itu, nyeri pada dada ini rasanya seperti menusuk dan sangat sakit. Bahkan pada beberapa kondisi, orang akan merasakan nyeri yang sampai menjalar ke bagian tubuh yang lainnya ya seperti misalnya menjalar ke punggung, sampai perut. jantung nyeri dan berdebar bisa jadi salah satu gejalanya juga.

1. Aritmia

Selain mengalami gejala mudah lelah dan juga rasa sakit atau nyeri pada dada. Maka biasanya orang yang mengalami penyakit jantung bawaan sejak lahir akan mengalami gejala aritmia atau kondisi dimana jantung berdetak secara tidak normal dan juga berlebihan. Aritmia Jantung adalah kondisi dimana detak jantung berdetak lebih cepat daripada biasanya atau mungkin melambat. Aritmia ini bisa terjadi karena ada kelainana pada jantung manusia. Selain itu aritmia juga bisa menyebabkan Anda menjadi merasa tidak nyaman dan juga menyebabkan Anda jadi mudah kelelahan ya.

1. Berat badan menurun

Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu penyakit yang ada sejak lahir. Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung bawaan sejak lahir ini salah satunya adalah karena faktor genetik dan mungkin bisa saja karena kebiasaan ibu sejak hamil yang bisa berpengaruh pada jantung bayi. Salah satu tanda atau gejala penyakit jantung bawaan yang bisa Anda ketahui adalah berat badan yang menurun secara drastis. Berat badan yang menurun secara drastis dan tiba-tiba itu disebabkan karena pasien penderita jantung biasanya mengalami tidak nafsu makan. Nah tidak nafsu makan itu sebenarnya adalah efek samping yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat penderita penaykit jantung. Karena biasanya akan sering merasakan mual dan juga muntah setiap kali makan.

1. Keringat yang berlebihan

Sebenarnya mudah sekali untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit jantung karena faktor tertentu atau mungkin karena penyakit bawaan sejak lahir. Salah satu gejala atau tanda yang akan Anda alami jika mengalami penyakit bawaan sejak lahir adalah keluar keringat yang berlebihan setiap kali beraktifitas. Anda harus bisa membedakan apakah keringat Anda normal atau tidak ya. Jika Anda tidak terlalu melakukan aktifitas yang berat namun keluar keringat yang berlebihan maka bisa jadi Anda mengalami penyakit jantung bawaan. Selain itu biasanya orang yang mengalami penyakit jantung juga akan cenderung mengeluarkan keringat yang dingin padahal sedang tidak sakit. Ketahuilah juga gejala jantung bengkak pada bayi ini juga harus diwaspadai.

1. Napas pendek

Penyakit jantung bawaan ini juga sama berbahayanya dengan penyakit jantung yang karena faktor lainnya ya. Selain mengalami tanda yang ada di atas, Anda juga harus memperhatikan tanda atau gejala yang lainnya ya. Biasanya orang yang mengalami penyakit jantung bawaan sejak lahir itu akan memiliki napas yang pendek dan mudah lelah. Mereka tidak bisa memiliki napas panjang, napasnya cenderung cepat dan juga pendek. Oleh karena itu kami sarankan supaya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika memang mengalami beberapa gejalanya.

1. Sianosis

Karena penyakit jantung bukanlah penyakit yang bisa Anda abaikan kami menyarankan supaya terlebih dahulu Anda bisa membedakan mana yang penyakit jantung bawaan dana mana yang bukan ya. Salah satu tanda jika anda mengalami penyakit jantung bawaaan adalah Anda akan mengalami kondisi yang disebut sebagai sianosis. Apakah Anda tahu mengenai informasi mengenai penyakit siaonis? Jika Anda belum mengerti maka kami akan menjelaskannya, sianosis adalah kondisi dimana kulit manusia menjadi agak kebiruan seperti lebam. Kulit yang berdominasi warna kebiruan agak ungu itu disebabkan karena adanya penyakit jantung sejak lahir ya.

1. Kelainan bentuk jari tangan

Penyakit jantung yang bawaan bahkan memiliki beberapa ciri fisik yang mungkin saja Anda dapat kenali ya. Salah satu gejala yang akan Anda alami jika memiliki penyakit atau masalah pada jantung sejak lahir adalah Anda akan mengalami kelainan pada bentuk jari tangan dan juga bahkan kelainan pada bentuk kuku. Kelainan jari tangan ini biasanya bisa mendeteksi jika orang itu terkena penyakit jantung bawaan. Kondisi tangan itu disebut sebagai jari tabuh atau clubbing fingers. Detak jantung keras ini juga harus Anda pahami.

Nah itulah beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai gejala penyakit jantung bawaan. Jika Anda mengalami beberapa gejala atau tanda di atas maka bisa jadi Anda memang mengalami penyakit jantung bawaan ya. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut maka kami sarankan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit untuk melakukan serangkaian medical check up untuk mengetahui penyakit jantung apa yang Anda derita. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk Anda semua!

, , , ,