Sponsors Link

3 Cara Menormalkan Detak Jantung yang Lemah Perlu Kita Coba!

Sponsors Link

Penyakit jantung. Apa sih yang terlintas pertama kali ketika mendengar kata ini? Yup penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang tentu saja dapat membahayakan kesehatan kita, dan apabila kita biarkan terlalu lama alias tidak segera mendapat penanganan maka dampaknya akan sangat fatal, alias dapat menyebabkan kematian sewaktu-waktu. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

ads

Yup, bukan suatu rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia selain penyakit stroke ataupun kanker yang sewaktu-waktu dapat datang dan menghantui kehidupan seseorang. Datangnya penyakit jantung pada seseorang tidak memandang bulu, alias bisa saja saja datang pada mereka yang masih berusia muda atau bahkan anak-anak hingga mendadak datang pada kita yang sudah memasuki usia paruh baya – yang sebelumnya tidak pernah menunjukan gejala penyakit jantung sama sekali. Memangnya apa sih yang menyebabkan atau memicu datangnya penyakit jantung pada seseorang?

Bukan suatu hal yang asing lagi jika kebiasaan merokok adalah salah satu pemicu terbesar datangnya penyakit jantung pada seseorang. Namun tanpa disadari, beberapa hal lainnya yang terlihat sepele juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung ini selain faktor genetik – yang pastinya hal satu ini tidak dapat kita hindari lagi. Siapa juga di antara kita yang tidak memiliki jam tidur yang cukup? Yup seperti yang kita ketahui, memiliki jam tidur yang cukup alias badan kita memiliki waktu yang panjang untuk beristirahat adalah suatu hal yang penting dan ketika hal ini tidak terpenuhi tentu saja dampaknya akan sangat fatal, seperti badan yang akan cepat kelelahan dan daya tahan tubuh kita yang tidak bagus alias kita akan mudah untuk terserang penyakit. Bukan hanya itu saja, apabila kita terus-terusan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka dampaknya akan fatal yaitu dapat menimbulkan penyakit jantung sewaktu-waktu yang pastinya siapapun tidak ada yang mau hal ini terjadi bukan?

Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis; mulai dari penyakit jantung yang sudah sering dialami seseorang seperti hingga jenis penyakit jantung yang masih jarang diketahui seperti. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung yang pastiya sudah tidak asing lagi untuk kita, yaitu detak jantung lemah atau yang sering kali kita kenal dengan istilah bradikardia. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara penanganannya alias bagaimana cara menormalkan detak jantung lemah yang pastinya kita perlu mengetahui hal ini untuk mencegah penyakit ini semakin parah dan dapat menyebabkan serangan jantung sewaktu-waktu. Namun masih ingatkah kalian mengenai apa itu sebenarnya bradikardia? Nah daripada semakin penasaran mengenai cara menormalkan detak jantung lemah ini, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

Bradikardia

Bradikardia adalah suatu kondisi di mana seseorang dikatakan mengalami detak jantung lemah, di mana hal ini berarti jumlah detak jantung seseorang berada di bawah batas normal detak jantung seseorang – yang berarti jumlah detak jantung seseorang tersebut hanya berada pada kisaran 40-50 detik tiap menitnya yang berarti jauh dari batas normal. Memang apa akibatnya ketika detak jantung seseorang melemah? Tentu saja hal ini akan berdampak pada kinerja jantung kita, yaitu jantung tidak akan mampu memompa darah seperti seharusnya dan bagian tubuh lainnya akan kekurangan kebutuhan oksigen. Ketika bradikardia tidak segera ditangani, maka akibatnya akan sangat fatal; yaitu dapat menyebabkan serangan jantung sewaktu-waktu dan hal ini berarti dapat berujung pada kematian.

Lalu bagaimana caranya kita mengetahui kita mengalami bradikardia ini atau tidak? Tentu saja kita bisa mengetahuinya dengan cara menghitung detak jantung tiap menitnya, dan tentu saja kita bisa mengamatinya dari berbagai gejala awal bradikardia yang muncul. Beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mengalami bradikardia antara lain adalah dada yang terasa sakit, sakit keplala yang tidak kunjung sembuh, tubuh yang lebih mudah lelah daripada orang lain meskipun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat, mengalami gangguan pada ingatan, dan lain-lain.

Cara Menormalkan Detak Jantung Lemah

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, melakukan penanganan pada suatu penyakit merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus segara dilakukan mengingat penanganan yang terlambat maka dampaknya akan fatal pula. Lalu bagaimana cara menangani penyakit bradikardia yang tepat? Nah berikut adalah berbagai cara menormalkan detak jantung lemah baik secara medis ataupun alami:

1.Terapi

Cara menormalkan detak jantung pertama yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan terapi, yang berarti ini adalah salah satu cara medis karena kita akan menggunakan beberapa jenis obat-obatan dalam terapi yang satu ini. Obat pertama yang akan kita gunakan adalah atropin, yaitu obat yang berfungsi untuk mencegah bradikardia seseorang menjadi lebih buruk. Obat berikutnya yang akan tim medis berikan adalah trancutaneus pacing, yaitu salah satu jenis obat yang akan diberikan pada pasien ketika kondisi pasien sudah memasuki kondisi tidak stabil. Tahap selanjutnya akan diberikan epinefrin ataupun dopamin yang berfungsi untuk menormalkan detak jantung seseorang dan terapi ini dapat dilakukan secara berkala.

2. Memasang pacemaker

Cara menormalkan detak jantung berikutnya masih menggunakan cara medis, yaitu lebih tepatnya memasang alat bantu pada tubuh kita. pacemaker merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memantau detak jantung seseorang bahkan juga dapat menghasilkan impuls elektrik yang berfungsi untuk menjaga jumlah detak  jantung kita pada batas normal – alias menjaga detak jantung agar tidak terlalu cepat ataupun lambat. Pacemaker sendiri akan dipasang pada bagian bawah tulang selangka dan ujung-ujung kabelnya ditempelkan pada jaringan jantung hingga kita bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Minyak canola

cara menormalkan detak jantung lemah terakhir yang bisa kita coba berasal dari slah satu bahan alami, lebih teoatnya dengan menggunakan minyak canola. Minyak yang satu ini sangatlah sehat dan aman untuk pasien bradikardia tidak seperti halnya kita menggunakan minyak kelapa. Bukan hanya bermanfaat untuk menormalkan detak jantung lemah kita, mengonsumsi minyak canola juga bermanfaat untuk mencegah kadar kolesterol seseorang menjadi tinggi.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa cara menormalkan detak jantung lemah yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara mengatasi penyakit yang satu ini? Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk tetap menjaga kesehatan kita suapa kita jauh dari berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan keselamatan jiwa kita, dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi cemilan sehat untuk penderita jantung ataupun dengan melakukan olahraga untuk jantung lemah secara rutin. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan bukan? So, tunggu apalagi? Yuk mulai pola hidup yang sehat dari sekarang dan sayangi diri kita mulai dari sekarang!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan