Sponsors Link

5 Tanaman Herbal Buat Jantung Lemah Terjitu Perlu Diketahui!

Sponsors Link

Penyakit jantung. Siapa sih yang sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini? Yup, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang masyarakat sewaktu-waktu dan juga sering kali disebut sebagai penyebab kematian terbesar bagi masyarakat Indonesia. Penyakit jantung sendiri merupakan jenis penyakit yang tidak pandang bulu, di mana hal ini berarti siapa saja bisa mengalaminya – mulai dari mereka yang masih anak-anak hingga kita yang sudah masuk memasuki tahap dewasa akhir, dan lain-lain.

ads

Lalu bagaimana dengan gender? Apakah kaum hawa lebih sering mengalami penyakit jantung? Sebagai seseorang yang peduli terhadap kesehatan, ada baiknya kita mengetahui apa saja tanda-tanda terkena penyakit jantung sehingga kita bisa segera memberikan penanganan alias tidak terlambat. Penyakit jantung yang tidak segera ditangani alias kita terlambat jika menyadari kita memiliki penyakit jantung tentu dampaknya akan sangat fatal, yaitu penyakit jantung akan merembet ke bagian organ lainnya dan hal ini juga menyebabkan organ tubuh lainnya tidak bisa bekerja secara optimal. Bukan hanya itu saja, penyakit jantung yang tidak segera mendapat penanganan dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung – dan seperti yang kita tahu serangan jantung dapat menyebabkan kematian seseorang sewaktu-waktu. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis, dan ada baiknya kita mengetahui betul gejala spesifik dari suatu jenis penyakit jantung sehingga penanganan yang diberikan pun tidak keliru alias ketika kita mendapatkan penanganan dari ahlinya, hasil yang didapatkan pun dapat optimal sehingga penanganan yang diberikan pun tidak sia-sia. Namun sayangnya, beberapa jenis penyakit jantung ada yang sulit dikenali, seperti yang gejala spesifiknya cenderung mulai terlihat ketika penyakit jantung ini sudah tergolong dalam tahap parah. Tentu saja hal ini sangat fatal bukan?

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung yang pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita yaitu jantung lemah atau yang biasa kita kenal dengan istilah kardiomiopati. Apakah kalian masih ingat mengenai penyakit lemah jantung ini? Yup, penyakit lemah jantung merupakan salah satu jenis penyakit jantung yang bisa menyerang siapapun dengan rentang usia berapapun. Perbandingan antara pasien lemah jantung pria dan wanita itupun sama, yaitu sekitar 1 dari 500 orang yang mengalaminya – dan hal ini membuktikan jika penyakit jantung sama sekali tidak memandang bulu penderitanya. Seperti penanganan penyakit jantung lainnya; lemah jantung ini bisa ditangani dengan cara tindakan medis seperti operasi bypass jantung, dengan pertolongan obat seperti dengan mendapatkan obat jantung lemah di apotik, ataupun dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita. Wah yang benar nih lemah jantung juga bisa diatasi dengan memanfaatkan berbagai bahan alami? Yup, saat ini kita akan membahas lebih spesifik mengenai tanaman untuk mengobati lemah jantung yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Lemah Jantung

Lemah jantung atau yang biasa kita kenal dengan istilah kardiomiopati ini adalah kondisi di mana kinerja jantung terganggu dan hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti otot jantung yang melemah, merenggang, ataupun permasalahan lainnya yang menyerang struktur otot jantung. Seperti jenis penyakit jantung lainnya, penyakit lemah jantung ini juga biasa dipicu oleh faktor-faktor umum lainnya seperti adanya faktor genetik, riwayat pernah mengalami penyakit obesitas, diabetes, ataupun tekanan darah tinggi yang sudah masuk dalam kategori parah. Bukan hanya itu saja, penggunaan berbagai obat-obatan serta ketergantungan alkohol juga dapat menjadi pemicu timbulnya jenis penyakit yang satu ini.

Solusi apa yang tepat untuk penyakit lemah jantung ini? Pertanyaan ini pastilah sering kali muncul ketika didiagnosa menderita suatu penyakit karena kita ingin segera memberikan penanganan dan tentu saja mencegah penyakit ini menjadi lebih parah. Mengonsumsi obat bukanlah suatu hal yang baru bagi penderita jantung untuk mencegah penyakit mereka menjadi tambah parah, namun apa hal ini sama dengan ketika kita memanfaatkan berbagai bahan alami? Eits jangan salah, berbagai bahan alami juga tidak kalah dengan mengonsumsi obat lho, bahkan lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping meskipun kita gunakan dalam jangka waktu lama. Nah kira-kira tanaman untuk mengobati lemah jantung apa ya yang bisa kita manfaatkan? Berikut adalah beberapa jenis tanaman untuk mengobati lemah jantung yang bisa kita coba:

1.Daun sirsak

Tanaman sirsak merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, tak terkecuali dapat menjadi solusi yang tepat bagi kita penderita penyakit lemah jantung. Lalu bagaimana sih sebenarnya cara mengobati jantung dengan daun sirsak ? Memanfaatkan daun sirsak untuk permasalahan yang satu ini pun bukan perkara yang sulit karena yang perlu kita lakukan hanyalah merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah cukup tua dan mencampurnya dengan air secukupnya. Ketika rebusan air daun sirsak ini sudah siap, yang perlu kita lakukan adalah dengan mengonsumsinya secara rutin yaitu sebanyak satu gelas rebusan air daun sirsak sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita dan salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kok bisa? Tentu saja karena hal ini disebabkan kandungan likopennya yang tinggi dan hal ini akan kita dapatkan ketika kita merebus tomat terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Bukan hanya itu saja, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika kita mengonsumsi saus tomat setidaknya sebanyak 80 gram dalam satu hari hal ini akan berpengaruh positif terhadap kesehatan kita karena saus tomat di sini dapat mengurangi efek buruk dari makanan yang banyak menganduk lemak dan meminimalisir terbentuknya plak dalam pembuluh darah.

3. Bawang putih

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Yup bawang putih merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan sering kali kita temukan pada segala jenis masakan yang kita santap. Lalu bagaimana cara mengobati jantung dengan bawang putih? Untuk mengobati penyakit lemah jantung, yang perlu kita lakukan adalah dengan mengonsumsi satu siung bawang putih tiap malam dengan cara ditelan dan kita perlu mengonsumsi dua gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari untuk mengoptimalkan manfaat yang kita dapat dengan mengonsumsi bawang putih ini secara rutin.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dimanfatkan untuk jamu, dan hal ini berarti kunyit adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. mengonsumsi kunyit secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan tentu saja hal ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan darah. Lalu bagaimana cara mengolah kunyit untuk mendapatkan manfaat yang satu ini? Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan kunyit seukuran 4 ruas jari kemudian diparut dan kita seduh dalam air panas selama kurang lebih 15 menit. Kita bisa menambahkan madu ketika mengonsumsinya untuk menambahkan cita rasa.

5. Mengkudu

Tanaman  untuk mengobati lemah jantung terakhir yang bisa kita manfaatkan adalah mengukudu, di mana tanaman yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan hal ini sangatlah efektif untuk meminimalisir timbulnya penyakit jantung ataupun kanker. Bukan hanya itu saja, radikal bebas juga berfungsi untuk membersihkan endapan pada pembuluh darah yang berarti mencegah munculnya penyumbatan dan dapat berujung pada timbulnya serangan jantung.

 

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa tanaman untuk mengobati lemah jantung yang perlu kita coba. Bukan saja hanya memanfaatkan berbagai tanaman ini, kita juga harus mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat dengan memperhatikan pantangan penyakit jantung lemah dan mulai mengonsumsi makanan untuk lemah jantung serta lebih rajin olahraga untuk jantung lemah. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan dalam memulai pola hidup yang lebih sehat bukan? So, tunggu apalagi? Yuk lebih sayangi diri kita dari sekarang!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan