Sponsors Link

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Dada Saat Bangun Tidur

Sponsors Link

Jantung menjadi salah satu bagian penting bagi tubuh yang memiliki peran vital untuk keberlangsungan hidup dan aktivitas berbagai sel, jaringan, maupun organ karena jantung bertanggung jawab terhadap sirkulasi darah dapat persebaran nutrisi maupun oksigen yang dibawa bersamaan dengan darah. Karena peran dan fungsi jantung yang vital tersebut maka menjaga kesehatan jantung menjadi sangat penting mengingat adanya permasalahan pada jantung dapat menyebabkan terjadinya kondisi yang sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan ada ancaman kematian. 

ads

Penyakit jantung koroner menjadi salah satu jenis penyakti yang terjadi pada bagian bagian jantung tertentu sehingga dapat menjadikan aliran darah ke jantung terhambat dan menjadikan jantung tidak dapat bekerja dengan optimal atau bahkan tidak berkontraksi. Penyakit tersebut menjadi salah satu pembunuh terbanyak di dunia dan dapat diikuti dengan serangan jantung yang terjadi secara mendadak. Untuk mencegahnya ada beberapa usaha yang dapat dilakukan seperti menjalani pola hidup sehat serta melakukan olahraga untuk kesehatan jantung secara rutin.

Selain olahraga untuk kesehatan jantung dan pola hidup sehat, setiap orang juga perlu memperhatikan setiap gejala yang berkaitan dengan jantung termasuk masalah dada yang nyeri. Kondisi dada yang nyeri memang bukan hanya disebabkan oleh permasalahan pada jantung namun juga dapat diakibatkan oleh keadaan lainnya. Dada yang nyeri saat bangun tidur dapat terjadi karena berbagai kondisi yang tentunya harus ditangani dan diatasi dengan baik. Berikut beberapa cara mengatasi sakit dada saat bangun tidur dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Pahami penyebabnya

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi dada yang sakit saat bangun tidur adalah memahami penyebabnya. Dengan memahami penyeban secara baik maka proses atau cara mengatasinya akan lebih efektif dan efiseien. Berikut ini beberapa penyebab yang menjadi pemicu munculnya sakit dada saat bangun tidur diantaranya seperti :

  • Pasca menjalani aktivias fisik berat, penyebab pertama yang menjadikan seseorang mengalami kondisi sakit dadi ketika bangun tidur yang pertama adalah karena aktivitas fisik yang terlalu berat. Aktivitas fisik terlalu berat tersebut dapat memicu terjadinya nyeri pada otot dan tulang dada yang dapat muncul setelah bangun tidur. Memberikan waktu tubuh istirahat lebih banyak akan membantu mempercepat penyembuhannya.
  • Batuk akibat infeksi, kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab munculnyak kondisi sakit dada saat bagun tidur adalha karena batuk terutama yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan. Infeksi virus memang akan menjadikan seseoarang yang batuk dapat juga mengalami kondisi dimana dadanya terasa nyeri.
  • Masalah pada tulang, permasalahan tulang dapat menjadi pemicu kondisi nyeri dada setelah bangun tidur. Beberapa bentuk permasalahan tulang tersebut yang dapat memicu terjadinya kondisi nyeri dada saat bangun tidur diantaranya seperti tulang rusuk yang patah dan penyakit tulang belakang.
  • Permasalahan pada paru paru, paru paru yang juga berada di dada dapat menjadi pemicu munculnya rasa sakit sesaat setelah bangun tidur. Beberapa permasalahan pada paru yang memicu terjadinya kondisi tersebut diantaranya seperti pneumothotax dan pembekuan darah pada paru paru atau yang disebut sebagai emboli paru paru. Sakit dada juga dapat dipicu oleh adanya permasalahan GERD atau asam lambung yang naik.
  • Serangan jantung, sakit dada sesaat setelah bantun tidur yang memiliki tanda tanda seperti dada sesak dan kesulitan nafas, timbulnya keringat, rasa mual perasaan cemas, denyut jantung yang lebih cepat, serta rasa sakit yang menjalar dapat menjadi pertanda terjadinya serangan jantung akibat kerusakan pada otot otot jantung. Kondisi serangan jantung tentu sangat mengancam nyawa dan kesehatan penderitanya.
  1. Bersikap tenang dan tetap beristirahat

Ketika nyeri dada muncul sesaat setelah terbangun maka langkah awal dalam cara mengatasi sakit dada saat bangun tidur adalah bersikap tenang dan tetap memperhatikan kondisi yang dirasakan apakah lebih parah atau tidak. Jika tidak lebih parah dan dapat hilang dengan sendirinya maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter yang tepat.  Namun ketika kondisi yang dialami lebih parah maka mintalah bantuan orang lain untuk segera membawa ke dokter agar memperoleh perawatan dan tindakan medis yang tepat sesuai diagnosinya. 

  1. Pastikan penyebabnya

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan penyebab dari munculnya sakit dada setelah bangun tidur tersebut. Dengan penyebab yang sudah pasti maka langkah untuk mengatasinya akan lebih mudah.  Beberapa permasalahan tertentu mungkin tidak dapat dipahami dengan baik karena butuh diagnosis yang lebih detail dari tim dokter. Penyebab dapat diketahui dengan memperhatikan tanda tanda yang ada dan jika diketahui ada tanda penyerta serangan jantung maka harus segera dilarikan ke dokter. Setelah penyebabnya diketahui maka lakukan pengatasan dari kondisi penyebab munculnya rasa nyeri dada tersebut.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Beberapa kondisi permasalahan sakit dada setelah bangun tidur dapat disebabkan oleh keadaan yang tidak terlalu berbahaya sehingga dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri atau obat analgesik. Penggunaan obat pereda nyeri hanya mengatasi atau mengurangi gejala nyeri saja namun tidak menyembuhkan penyakit yang menyebabkan munculnya sakit dada tersebut. Obat nyeri dada kiti seperti ditusuk tusuk biasanya akan diberikan sesuai anjuran dokter.

  1. Minum air putih hangat atau kompres  dada dengan es

Cara alami lainnya yang juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada mereka yang merasakan sakit dada setelah bangung tidur adalah dengan mengkonsumsi air putih hangat dan melakukan kompres es pada bagian dada yang nyeri.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi sakit dada saat bangun tidur yang perlu diperhatikan dengan baik mengingat adanya kondisi berbahaya seperti serangan jantung dan emboli paru sebagai penyebab munculnya rasa sakit tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan