Sponsors Link

5 Cara Mengobati Jantung dengan Daun Kelor Secara Mudah

Sponsors Link

Cara mengobati jantung dengan daun kelor merupakan salah satu pengobatan alternatif penyakit jantung, yang sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Perawatan dan pengobatan penyakit ini, terutama penyakit jantung koroner, membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Tidak heran orang-orang mencari suplemen jantung terbaik yang biayanya lebih terjangkau untuk menyembuhkan penyakit jantung, agar tidak tergantung dengan obat jantung di apotik.

ads

Banyak sekali pengobatan alternatif yang berkembang di masyarakat untuk menyembuhkan penyakit jantung. Sebagian besar pengobatan alternatif penyakit jantung berbasis tanaman yang dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita. Salah satu cara mengobati penyakit jantung yang telah dikembangkan adalah dengan menggunakan tanaman kelor. Cara mencegah dan juga mengobati penyakit jantung dengan menggunakan daun kelor tergolong mudah dan murah. (Baca juga: Obat tradisional jantung koronerObat herbal jantung bocor)

Penyebab Penyakit Jantung

Salah satu penyebab jantung koroner adalah adanya penimbunan lemak dalam arteri (arteroma), yang dalam istilah medisnya disebut dengan aterosklerosis. Arteroma sendiri terdiri dari kolesterol dan bahan buangan lainnya. Aterosklerosis memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah yang dapat menghalangi suplai darah ke jantung, hal ini membuat resiko serangan jantung semakin tinggi.(Baca juga: Kelainan jantung bawaanKelainan jantung tetralogi fallot)

Kandungan Nutrisi dalam Daun Kelor

Tanaman kelor yang mempunyai nama ilmiah Moringa oleifera L ini sering disebut-sebut sebagai miracle tree. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat yang cukup air dengan matahari penuh. Kelor termasuk tanaman perdu atau semak yang tingginya dapat mencapai 11 meter. Tanaman kelor memiliki akar tunggang yang berkulit keras dan berbau tajam.

Tumbuhan kelor mudah dikenali dari bentuk daunnya yang bulat telur dengan tepian rata dan ujung berlekuk. Tulang daunnya menyirip ganjil dan merupakan daun bertipe majemuk. Bunganya juga merupakan bunga majemuk dengan panjang bunga dari 10 hingga 30 sentimeter. Buahnya berbentuk memanjang, jika diiris berbentuk bintang. Baik daun maupun buahnya dapat digunakan sebagai sayur untuk melengkapi lauk sehari-hari.

Mengapa tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan? Tanaman kelor bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi dan 46 zat antioksidan di dalamnya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi kesehatan. Berikut adalah nutrisi dan zat yang terkandung dalam tanaman kelor. (Baca juga: Nutrisi untuk jantung bocor)

  • Senyawa antioksidan, mampu membersihkan racun-racun di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas
  • Vitamin B, khususnya asam folat, vitamin B6 dan B12 membantu menghilangkan homosistein dalam darah. Kadar homosistein dalam darah harus dikontrol karena kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan arteri. Sedangkan vitamin B3 dalam tanaman kelor dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang sangat berbahaya untuk kesehatan jantung.
  • Glikosida, membantu meningkatkan kekuatan denyut jantung dan membuat detak jantung normal. (Baca juga: Murmur jantung pada anak)

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Mengobati Jantung

Bagaimana cara mengobati penyakit jantung dengan tanaman kelor? Mudah sekali. Dengan pengolahan dan penggunaan yang tepat, maka khasiat daun kelor dapat berfungsi maksimal. (Baca juga: Khasiat bawang putih untuk jantungManfaat omega 3 untuk jantung)

Sponsors Link

1. Cara Pengolahan secara Umum

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah daun kelor untuk mengobati penyakit jantung, yaitu:

  • Cuci daun kelor dengan baik tanpa menggunakan bahan pencuci apapun, agar khasiat daun kelor tetap terjaga
  • Gunakan wadah berbahan tanah liat atau kaca tahan panas, untuk meminimalisir reaksi kimia yang mungkin terjadi saat perebusan.
  • Jangan merebus terlalu lama, karena ini akan berakibat rusaknya beberapa vitamin dan enzim yang terkandung bahan-bahan ramuan ini. (Baca juga: Enzim jantung dan fungsinya)

2. Cara Pengeringan Daun Kelor

Daun kelor dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Sebelum diproses menjadi bentuk bubuk, daun kelor harus dikeringkan terlebih dahulu dengan beberapa cara, yaitu:

  • Dijemur: daun kelor dijemur. Setelah kering ditumbuk sampai halus, lalu diayak. Setelah itu dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.
  • Diangin-anginkan: daun kelor yang telah dilepaskan dari tangkainya diletakkan pada wadah bambu, dan diletakkan di tempat yang cukup angin dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Aduk setiap 12 jam sekali supaya proses pengeringan rata. Pada suhu normal, waktu pengeringan 1 – 2 minggu. Giling daun kelor kering hingga menjadi serbuk, lalu simpan dalam wadah kedap udara
  • Dioven: daun kelor yang telah dilepaskan dari tangkainya diletakkan pada loyang kue, namun jangan terlalu penuh. Masukan daun kelor ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan temperatur maksimal 60° Celcius. Aduk setiap 20 menit sekali dan panggang hingga kering selama ± 1 jam. Setelah kering, hancurkan dengan cara diremas, lalu simpan dalam wadah kedap udara.

Daun kelor dalam bentuk serbuk dapat dibuat teh daun kelor, ditaburkan pada makanan, atau dicampur pada minuman seperti jus atau sirup. (Baca juga: Makanan untuk penderita aritmia jantungMakanan untuk jantung rematik)

3. Cara Membuat Minuman Kelor

  • Pertama-tama ambillah 5 akar tanaman kelor dan 5 akar ilalang. Cuci hingga bersih dari segala kotoran yang menempel.
  • Rebus bahan yang sudah disiapkan dengan air sebanyak kurang lebih 1 liter.
  • Minum air rebusan secara rutin pada pagi dan sore hari selama 2 minggu.

Setelah itu rasakan reaksi ramuan ini dalam tubuh anda. Bila perlu ramuan ini dapat dikonsumsi secara kontinu atau rutin untuk mengobati jantung dan membuat tubuh semakin sehat. (Baca juga: Jus untuk jantung koroner)

4. Cara Membuat Teh Daun Kelor

  • Ambil satu sendok teh daun kelor kering
  • Seduh dengan 300- 350 mililiter air panas (1 gelas).
  • Setelah air berubah warna, saring untuk memisahkan ampasnya.
  • Teh siap diminum dalam keadaan hangat maupun dingin sebagaimana teh pada umumnya.
Sponsors Link

5. Cara Membuat Jus Daun Kelor

  • Siapkan 2 buah apel hijau, segenggam daun kelor yang sudah dicuci, dan segelas air matang.
  • Kelor yg telah dicuci masukkan ke dalam blender
  • Apel yang sudah dicuci, tanpa dikupas, potong-potong dan masukkan ke dalam blender
  • Tambahkan air
  • Blender semua bahan hingga halus dan tercampur
  • Saring ampasnya
  • Jus daun kelor siap diminum
Sebagai tambahan, apel bisa diganti dengan buah lain untuk rasa yang lebih bervariasi dan menyegarkan. Bisa juga ditambah dengan madu dan jeruk nipis. (Baca juga: Jus untuk jantung tersumbatJus untuk jantung bengkak)
  • Dosis Penggunaan atau Konsumsi Daun Kelor

Khasiat daun kelor akan lebih terasa jika dikonsumsi secara rutin sesuai dosis minimum yang dianjurkan. Namun belum ada hasil penelitian yang pasti tentang seberapa banyak daun kelor yang harus dikonsumsi untuk mengobati jantung. Beberapa sumber mengatakan bahwa mengkonsumsi daun kelor sebanyak 100 gram per hari cukup baik dan aman bagi manusia.

Mengetahui cara pencegahan jantung koroner sekaligus cara mengobati jantung dengan daun kelor, tentu hal yang sangat menggembirakan. Di saat biaya berobat ke rumah sakit semakin mahal dan bahkan ada yang tidak terjangkau masyarakat tingkat menengah ke bawah, ada pengobatan alternatif yang murah dan mudah didapat di sekitar kita.

Hal ini membuat kita semakin peka terhadap lingkungan dan selalu menjaga kelestarian karena bukan tidak mungkin tanaman yang dekat dengan kita, yang sering kita anggap sebagai tanaman biasa bahkan hama, ternyata mengandung khasiat yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Salam hidup sehat!

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan