Sponsors Link

Cara Mengobati Jantung dengan Bawang Putih Secara Mudah

Sponsors Link

Menurut American National Cancer Institute, bawang putih mengandung senyawa antikanker dan antioksidan seperti quercetin, sulfida dialil, allin dan ajoene. Sedangkan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Life Science, dosis harian 1 ml/kg berat badan ekstrak bawang putih selama 6 bulan dapat mengakibatkan penurunan signifikan kandungan radikal bebas dalam darah pasien arteriosclerosis. Pencegahan arteriosclerosis bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Bawang putih dianggap sebagai obat untuk impotensi karena melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

ads

Baca juga:

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih untuk Jantung

Bawang putih yang mengandung minyak atsiri mempunyai sifat antioksidan untuk membatasi radikal bebas. Kemudian antibiotik yang bisa melawan racun, virus dan jamur. Mengurangi pengentalan darah dan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bawang putih juga mampu merangsang produksi empedu untuk membantu menurunkan kadar lemak pada hati dan jantung.

Selain itu bawang putih juga mempunyai kandungan nutrisi seperti kalsium yang berfungsi pencegah hipertensi, saltivine untuk mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan, diallysulfide, alilpropil-disulfida untuk pembersih cacing, kabohidrat, lemak, protein, fosfor, zat besi, dan vitamin A, B1, C, D, E, dan K.

Masih banyak lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan penggumpalan platelet, menurunkan tingkat serum trigliserida dan LDL-kolesterol, meningkatkan serum HDL-kolesterol dan fibrinolisis (mencegah penggumpalan darah), merangsang produksi oksida nitrat pada lapisan dinding pembuluh darah, untuk menjaga kelenturan pembuluh darah, obat untuk impotensi karena melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Bawang putih dapat mencegah kolesterol tinggi, serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan yang lain sebagainya. Secara alami, bawang putih ini bisa mencegah pertumbuhan plak-plak yang ada di arteri. Selain itu juga memiliki khasiat untuk menurunkan hipertensi. Serangan jantung koroner disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang dapat merobek dinding arteri dan membuat peradangan sehingga menjadi tempat untuk membentuk jaringan plak dan kolesterol jahat yang siap memberangus aliran darah.

Baca juga:

Cara Mengolah Bawang Putih untuk Jantung

Bawang putih merupakan bahan dapur yang sebenarnya sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan herbal beberapa penyakit. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengkonsumsi bawang putih. Lebih baik tidak dimakan langsung karena bisa berdampak buruk pada lambung. Jadi untuk pengobatan, bawang putih bisa direbus, digoreng atau dipanggang terlebih dahulu. Selain itu juga bisa di jus untuk membunuh virus yang bisa menyerang jantung.

Baca juga: Jus untuk Jantung BocorJus untuk Jantung KoronerJus untuk Jantung Bengkak.

Untuk pemanfaatan bawang putih yang lebih maksimal bisa dicampur dengan lemon yang biasanya juga tersedia sebagai bumbu bahan di dapur. Lemon dan bawang putih yang biasa digunakan untuk penyedap makanan ternyata secara signifikan bisa meningkatkan fungsi arteri sehingga mampu membersihkan penyumbatan jantung secara alami.

Berikut ini cara mengobati jantung dengan bawang putih:

Cara Pertama

Bahan yang digunakan:

  • 1 cangkir bawang putih mentah yang sudah diblender
  • 1 cangkir lemon mentah
  • 1 cangkir cuka sari apel
  • 1 cangkir jahe mentah
  • Madu secukupnya

Cara pembuatan: Campur semua bahan, kecuali madu dan rebus hingga masak. Kemudian dinginkan dan tambahkan madu secukupnya. Siap dihidangkan. Diminum pagi hari sebelum sarapan.

Sponsors Link

Cara Kedua

Bahan yang digunakan:

  • 30 siung bawang putih/15 siung bawang putih
  • 6 buah lemon/3 buah lemon

Cara pembuatan: Potong bawang putih dan lemon kecil-kecil. Setelah itu di blender. Tambahkan air secukupnya. Kemudian masak bahan tadi dengan 2 liter air. Tiriskan dan saring kedalam botol atau cangkir. Simpan dalam kulkas untuk membuat minuman lebih segar. Setelah itu siap disajikan.

Ramuan herbal ini bisa diminum setiap hari selama dua sampai tiga minggu. Kemudian hentikan untuk mengkonsumsi beberapa hari dan lanjutkan lagi setelahnya. Bisa dilakukan berturut-turut selama 6 sampai 12 bulan. Jika ada efek samping atau alergi bisa dihentikan sementara.

Cara mengobati jantung dengan bawang putih bisa juga dilakukan dengan beberapa campuran rempah-rempah lain sesuai kebutuhan tubuh dan kenyamanan konsumsi. Misal ditambahkan madu, gingseng, atau minuman lainnya. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh universitas luar negeri menyatakan bahwa khasiat bawang putih dalam mencegah dan mengobati organ jantung tidak akan terpengaruhi oleh zat lain.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Jantung.

Hal yang harus Diperhatikan saat mengonsumsi Bawang putih

Bawang putih sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah lanjut usia. Sekitar berumur 50 tahun keatas. Usia itu adalah saat dimana serangan ke organ jantung mulai banyak. Melalui saluran pembuluh darah atau arteri. Sehingga seseorang yang mendekati lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih rutin setiap hari sebelum makan pagi hari.

Namun juga harus berhati-hati jika mengkonsumsi bawang putih saat masih mentah. Jangan terlalu banyak dikonsumsi karena bisa menyebabkan kekurangan butir darah merah. Dalam satu hari, dilarang mengkonsumsi bawang putih lebih dari tiga siung karena bisa menyebabkan diare, demam, bahkan menimbulkan pendarahan lambung.

Sponsors Link

Aroma bawang putih yang sangat menyengat juga bisa membuat alergi beberapa orang yang kurang suka dengan bau bawang putih. Sehingga bisa ditambahkan campuran beberapa lemon atau madu untuk menurunkan aroma acilin yang ada dalam bawang putih. Jangan mengkonsumsi bawang putih pada malam hari, karena saat itu lambung dianjurkan untuk istirahat dan jantung bisa bekerja normal.

Baca juga:

Konsumsi bawang putih selagi masih mentah lebih baik, namun jangan terlalu banyak. Jika bawang putih sudah dimasak, direbus atau dipanggang dapat menurunkan khasiat bawang putih namun tidak menghilangkan khasiatnya. Mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak bisa menyebabkan bau mulut. Apalagi jika dikonsumsi rutin setiap hari. Jadi bisa ditambahkan makanan atau minuman yang menurunkan bau mulut atau sikat gigi setalah mengkonsumsi bawang putih.

Selain pemanfaatan bawang putih sebagai proses penyembuhan jantung juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat semisal berolahraga secara teratur, mengurangi konsumsi makanan yang kaya gula seperti soft drink, meningkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, dan terakhir mengurangi konsumsi makanan yang asin, makan secara seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Baca juga: Gaya Hidup Jantung Sehat.

Namun setiap konsumsi bawang putih tetap harus memperhatikan kondisi tubuh masing-masing atau bisa melalui pengawasan dokter atau tenaga kesehatan. Mari mulai menyayangi jantung kita masing-masing. Semoga bermanfaat

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan