Sponsors Link

5 Olahraga Ringan untuk Kesehatan Jantung dan Tubuh

Sponsors Link

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan organ penting anda yang satu ini. Faktanya, banyak penyakit berbahaya yang mengancam jantung anda seperti penyakit jantung koroner dan penyakit jantung lainnya seperti gagal jantung. Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, memiliki gaya hidup yang sehat adalah kuncinya. Gaya hidup sehat disini dimaksudkan kepada menjaga pola makan dan juga memperhatikan asupan nutrisi untuk jantung anda, selain itu ternyata olahraga juga ikut andil dalam gaya hidup sehat tersebut.

ads

Dengan berolahraga secara teratur, resiko penyakit jantung tentu saja dapat berkurang dan juga memberi dampak positif terhadap tubuh anda. Ketika anda mampu melakukannya secara teratur, manfaat olahraga untuk jantung ini akan dirasakan oleh tubuh anda secara keseluruhan seperti dapat membantu anda menurunkan berat badan,  mengurangi tekanan darah tinggi, dan juga mengurangi bahaya lemak jahat yang ada dalam tubuh, terutama lemak jahat dalam jantung anda.

Memang dewasa ini banyak orang yang terlalu sibuk dan mengabaikan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga. Kebanyakan berdalih bahwa mereka tidak memiliki waktu yang cukup atau merasa tidak mampu untuk melakukan olahraga. Padahal ada banyak sekali jenis olahraga ringan yang bahkan bisa anda lakukan dirumah anda dan tetap baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk jantung anda. Berikut adalah olahraga ringan untuk kesehatan jantung anda:

1. Jalan Santai

Olahraga ringan yang satu ini memang sangat ringan. Jika anda enggan untuk keluar dari area rumah anda, anda bisa melakukannya di pagi atau sore hari dengan berjalan mengelilingi rumah atau halaman anda. Namun, jika anda mempunyai waktu luang dan kemauan untuk melakukannya di luar akan menjadi lebih baik. pilihlah tempat dengan pemandangan yang indah dan juga ditumbuhi banyak pepohonan.

Di tempat seperti ini anda bisa mendapatkan oksigen yang lebih baik dan juga suasana yang lebih menenangkan. Selain baik untuk jantung, ini juga baik untuk paru-paru, dan yang lebih baik lagi adalah baik untuk jiwa anda. Terkait dengan kesehatan jantung, jalan santai secara intensif dapat mengurangi faktor penyakit kardiovaskular dan juga dapat membantu mengembalikan atau memperbaiki kesehatan jantung anda yang mungkin sempat terganggu.

2. Jogging

Olahraga yang satu ini adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Jogging merupakan sebuah aktivitas berlari kecil atau berlari santai dengan kecepatan sekitar 6-7 mil per jam. Anda juga bisa melakukan olahraga ini dengan teman-teman atau keluarga anda. Olahraga ini bisa anda lakukan dimana saja, untuk waktunya sebaiknya pada pagi atau sore hari. Yang perlu anda perhatikan saat melakukan olahraga ini salah satunya adalah sepatu anda. Pilihlah sepatu olahraga yang paling nyaman di kaki anda untuk mengurangi resiko cedera. Selain itu perhatikan juga kecepatan lari anda, jangan sampai terlalu cepat, jika terlalu cepat yang anda lakukan adalah lari yang sesungguhnya dan bukan jogging.

3. Berenang

Bagi sebagian besar orang, berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyenangkan ternyata berenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk jantung anda. Faktanya penyakit kardiovaskular banyak menyerang orang dengan berat badan lebih walaupun orang dengan berat badan normal pun juga banyak yang terkena penyakit tersebut. Pada saat anda berenang, anda akan mengeluarkan banyak energi sehingga tubuh akan membakar lebih banyak lemak di tubuh anda.

Selain itu, berenang juga dapat melatih kekuatan otot jantung anda walaupun sebenarnya berenang bukanlah olahraga yang berat. Kekuatan otot jantung ini sangat berpengaruh pada sirkulasi darah. Ketika kekuatan jantung anda baik, jantung akan memasok lebih banyak darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh anda. Saat anda berenang detak jantung juga kan menjadi lebih tenang. ketenangan atau kestabilan detak jantung ini akan membuat tugas jantung menjadi lebih ringan dan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Jantung anda sehat, tubuh anda pun menjadi lebih fit dan lebih segar.

Sponsors Link

4. Bersepeda

Siapa yang tak kenal dengan jenis olahraga yang satu ini. Bersepeda merupakan kegiatan latihan radiovaskular yang memiliki resiko lebih rendah dari olahraga yang lain seperti lari. Olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dilansir dari sebuah majalah bersepeda ‘ridebike’ disebutkan adanya sebuah penelitian oleh British Medical Association yang telah membuktikan bahwa bersepeda selama satu minggu dengan jarak 35 kilometer dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 50%.

Pemilihan trek bersepeda merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan. Bagi anda yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung, disarankan untuk memilih trek dengan jalan halus seperti jalan raya. bagi anda yang enggan untuk keluar dari area rumah anda, anda juga bisa bersepeda di halaman atau menggunakan sepeda statis di dalam rumah anda. Sebelum melakukan olahraga ini sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk merenggangkan otot-otot tubuh anda.

5. Menari atau Berdansa

Kedengarannya mungkin agak aneh saat menari atau berdansa menjadi salah satu olahraga ringan untuk kesehatan jantung anda. Namun, ini memang benar. Mungkin bagi sebagian orang menari, berdansa, atau berjoget bukalah aktivitas olahraga melainkan aktivitas untuk menghibur diri. Dalam hal ini, anda bisa mendapatkan keduanya. Selain bisa menghibur diri anda juga berolahraga untuk kesehatan anda. Lakukan dengan santai sesuai dengan kemampuan tubuh anda, pilihlah alas kaki yang nyaman, dan juga musik yang anda sukai. Gerakan-gerakan sederhana dalam tarian anda cukup untuk melatih jantung anda untuk berfungsi secara optimal dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Itulah beberapa olahraga ringan yang dapat anda lakukan untuk jantung anda. Tidak sulit asal anda terbiasa melakukannya. Menjaga dan mempunyai gaya hidup jantung sehat akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga