Sponsors Link

Bahaya Begadang bagi Jantung dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Banyak orang memiliki kebiasaan begadang dan tidak diseimbangi dengan istirahat dan tidur yang cukup pada keesokan harinya, hal ini dianggap wajar dan tidak berbahaya namun ternyata kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan jantung. Tahukah Anda bahwa lamanya waktu tidur dan beristirahat yang abnormal yaitu dibawah enam jam setiap harinya, ternyata akan memperbesar resiko terkena serangan jantung sebesar 48% dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur yang normal yaitu enam jam atau lebih.

ads

Kurang tidur atau begadang juga memacu stress, banyak pikiran, dan perasaan khawatir yang berlebihan. Ketiga faktor tersebut adalah pemicu jantung berdebar cepat yang merupakan penyebab penyakit lain yang lebih serius seperti darah tinggi, stroke, bahkan serangan jantung. Begadang juga dapat menyebabkan kurangnya imun bahkan juga menyebabkan depresi, yang juga adalah pemacu penyakit-penyakit berbahaya seperti aritmia jantung dan gagal jantung.

Baca juga:

Penyebab Kurang Tidur

Penyebab penyakit susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia dapat dikategorikan dalam dua jenis penyebab yaitu dari kondisi medis dan kondisi mentalitas seseorang. Penyebab insomnia dari kondisi medis seseorang antara lain karena orang tersebut memiliki record medis atau penyakit seperti dibawah ini:

  1. Sinusitis
  2. Alergi
  3. Gangguan pencernaan kronis
  4. Penyakit tiroid dan atau gangguan pada endokrin
  5. Arthritis
  6. Asma
  7. Penyakit saraf
  8. Penyakit tulang

Sedangkan penyebab insomnia karena kondisi medis yang antara lain adalah:

  1. Gangguan pikiran atau stress
  2. Tenggelam dalam memikirkan masa lalu
  3. Khawatir akan masa yang akan datang
  4. Merasa terbebani pada tanggung jawab akan sesuatu misalnya pekerjaan
  5. Berbagai perasaan tidak enak yang terstimulasi
  6. Ketakutan yang sangat terhadap sesuatu
  7. Panik
  8. Depresi

Penyebab lainnya berdasarkan situasi:

  1. Jam kerja yang tidak stabil: misal shift malam atau kerja shift sangat pagi
  2. Makan makanan yang terlalu banyak pada malam hari
  3. Pengaruh nikotin dan kafein yang dikonsumsi sebelum jam tidur
  4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu pada saat fase pengobatan penyakit tertentu

Kondisi tersebut diatas apabila terjadi secara terus menerus akan menyebabkan Anda menjadi sangat sulit untuk tidur, dan lama kelamaan akan terstimulasi menjadi pola tidur yang tidak teratur. Baca juga: Kebiasaan yang Merusak Jantung.

Sleep Apnea Yang Berakibat Fatal Pada Jantung

Salah satu bahaya begadang bagi jantung, yaitu terjadi sleep apnea. Sleep Apnea yaitu gangguan pernapasan yang sangat akut dan terjadi pada saat tidur. Pada gangguan tidur ini nafas seseorang dapat menjadi sangat tidak teratur, biasanya napas bisa menjadi sangat pendek dan bahkan dapat tiba-tiba berhenti pada masa beberapa menit. Hal ini tentunya dapat membuat asupan oksigen menjadi menurun drastis da secara tiba sehingga menyebabkan fibrilasi artial yaitu kondisi dimana denyut jantung menjadi abnormal. Hal ini apabila terjadi terus menerus bisa menyebabkan serangan jantung mendadak dan juga penyakit stroke.

Baca juga: Penyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

Sponsors Link

Koneksi antara kualitas tidur dan kesehatan jantung antara lain dapat digambarkan pada kondisi sebagai berikut ini:

  1. Lancarnya peredaran darah pada malam hari kebanyakan bergantung pada kualitas tidur yang baik. Semakin baik kualitas tidur seseorang dan semakin lelap dan nyenyak tidur seseorang, semakin lancar peredaran darahnya pada malam hari.
  2. Waktu terjaga yang terlalu panjang yaitu dari pagi hari sampai dengan lewat dari tengah malam, kebiasaan kurang tidur akan berujung pada peningkatan asupan garam pada tubuh. Hal ini kemungkinan besar akan memperbesar kemungkinan hipertensi yang merupakan salah satu awal penyebab penyakit jantung.
  3. Kurang tidur juga akan meninggikan pelepasan kadar katekolamin yaitu hormon pemicu stress pada tubuh, seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa stress adalah merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.
  4. Jam tidur yang singkat juga dapat menambah aktivitas saraf dan berkonsekuensi pada tingginya tekanan darah. Kurangnya jam tidur yang konstan atau terus menerus tersebut tentunya akan membuat kesehatan jantung menjadi sangat lemah dan dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular yang fatal.
  5. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam 6 hari berturut-turut, dapat beresiko memiliki kadar kandungan glukosa dalam darah yang sangat rendah. Kandungan gula yang rendah dalam darah tersebut dapat mengakibatkan jantung berdebar sangat cepat.

Anda harus menjaga keseimbangan jam tidur Anda agar tidak kurang dari 6 jam setiap harinya, karena berkaitan dengan jam tidur dan hubungannya dengan kesehatan jantung tidak mengenal seberapa tua atau muda usia Anda atau berapa jumlah berat badan Anda. Berapapun usia serta berat badan yang Anda miliki, risiko terkena penyakit jantung karena kurang tidur akan tetap dua kali lebih besar. Baca juga: Serangan Jantung Ringan.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa jumlah jam istirahat Anda akan sangat berpengaruh pada tinggi dan rendahnya tekanan darah Anda, semakin banyak waktu istirahat Anda maka akan dapat membuat tekanan darah Anda semakin rendah karena otot dan saraf yang rileks dan jauh dari stress akan membuat efek yang semakin baik pada kerja dan kesehatan jantung. Baca juga: Penyebab Jantung Koroner dan Pencegahannya.

Kurang tidur juga akan mengganggu aktivitas sistem saraf yang akan mengganggu produksi melatonin pada tubuh yang merupakan hormon neurotropik yang berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh yang membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan yang paling penting adalah hormon ini berfungsi sebagai antihipertensi.

Baca juga: Detak Jantung NormalPenyebab Jantung Berdebar saat Tidur.

Sponsors Link

Tips untuk Menghentikan dan Menghindari Insomnia

Beriku ini tips agar Anda terhindar dari insomnia dan dapat tidur nyeyak setiap malam:

  1. Ubah pola makan Anda dan makan makanan yang lebih sehat dan makan tipe makanan yang dapat membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak seperti: Keju, Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang kenari, ikan tuna, teh chamomile, madu, sayur-sayuran seperti sayur kale, seafood seperti udang dan lobster.
  2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan memiliki rasa yang kuat seperti makanan dengan rasa pedas (terutama 2-3 jam sebelum tidur).
  3. Konsumsi juga suplemen magnesium dengan takaran sebesar 400-500 gram yang akan membuat stress Anda berkurang dan baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, untuk konsumsi suplemen ini Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Baca juga: Suplemen Jantung Terbaik.
  4. Olahraga lebih sering. Berlari ringan di treadmill, berjalan cepat, mengangkat beban, apabila dilakukan secara rutin setiap sore atau malam setelah Anda pulang beraktivitas akan menguras tenaga Anda secara positif dan juga dapat membuat tubuh Anda lelah dan menginginkan relaksasi, sehingga memudahkan Anda untuk beristirahat terutama untuk tidur. Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Jantung.
  5. Melakukan relaksasi sebelum tidur seperti membaca bacaan yang ringan, mendengarkan musik lembut yang membuat Anda rileks, atau melakukan yoga ringan atau meditasi, sehingga membuat pikiran dan perasaan Anda menjadi lebih tenang. Baca juga: Manfaat Yoga untuk Jantung.
  6. Menggunakan minyak esens atau essential oil dengan meletakannya di kamar tidur Anda, karena minyak esens yang wanginya sesuai dengan wangi favorit Anda, terbukti dapat membuat pikiran lebih rileks. Selain itu jagalah suhu ruangan kamar tidur Anda pada suhu ruangan yang sejuk dan tidak panas, karena akan sangat membantu Anda untuk tidur lebih nyaman dan lelap.
  7. Apabila segala cara tidak efektif untuk mengatasi masalah tidur Anda, maka saatnya Anda berkonsultasi mengenai hal tersebut kepada para ahli seperti dokter ahli dan psikiater.

Demikian informasi mengenai bahaya begadang bagi jantung, lakukan gaya hidup jantung sehat agar Anda selalu sehat dan jantung dapat bekerja stabil.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup