Penyebab Nyeri Dada Sampai ke Belakang dan Penanganannya

Kesehatan memang mahal harganya. Tidak seorangpun di dunia ini yang ingin menderita karena sakit. Oleh karena itu kita harus memerhatikan setiap gejala yang dapat membahayakan kesehatan kita terutama yang berhubungan dengan organ dalam. Apakah ada diantara anda yang pernah merasakan sakit dada sebelah kiri? hingga membuat diantara anda yang merasa khawatir dan takut saat merasakan hal tersebut.

Sebagian besar orang mengaitkan nyeri atau sakit dada sebelah kiri dengan penyakit jantung. Namun nyeri dada sebelah kiri tidak selalu disebabkan oleh jantung. Oleh karena itu bagi anda yang merasakan nyeri atau sakit dada sebelah kiri ada baiknya untuk mengetahui jenis nyeri tersebut. Apakah nyeri tersebut akibat kelainan atau gangguan pada jantung atau akibat kondisi medis lainnya.

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Bahkan hal yang mungkin saja kita anggap remeh hingga hal yang menandakan kondisi medis serius. Beberapa orang juga mengeluhkan nyeri dada sampai ke belakang. Apakah anda juga pernah mengalami hal tersebut? Apakah sakit dada sebelah kiri tembus ke belakang akibat gangguan atau penyakit pada jantung? Jika anda mengalami hal tersebut ada baiknya anda menyimak pembahasan kami lebih lanjut.

Beberapa orang mengeluhkan nyeri dada yang menusuk belakang hingga ada yang merasa kesulitan untuk bernapas. Bahkan juga nyeri saat bernapas. Beberapa yang lainnya kadang merasakan sakitnya berpindah pindah tak menentu, hingga merasa nyeri dada kiri seperti ditusuk-tusuk. Namun jika keluhan tersebut terus berlanjut dokter menganjurkan untuk segera mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rasa nyeri pada dada yang dapat menyebar hingga ke belakang, bisa juga disebabkan karena kostokondritis. Kostokondritis merupakan salah satu penyebab dada sakit yang paling umum. Kostokondritis terjadi ketika tulang rawan pada tulang rusuk mengalami peradangan yang dapat menyebabkan rasa nyeri termasuk nyeri pada dada sebelah kiri. Kostokondritis tidak mengancam nyawa karena kondisi tersebut akan hilang setelah beberapa hari. Namun jika mempunyai khawatir tertentu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Apa penyebab sehingga orang bisa mengalami kostokondritis?

Penyebab pasti kostokondritis tidak dapat diketahui dengan pasti. Karena diagnosis kostokondritis yang sulit ditentukan, dokter membutuhkan serangkaian pemeriksaan mendetail untuk menghapus kemungkinan penyakit lain. Namun ada beberapa beberapa penyakit yang diduga berhubungan dengan peradangan ini, diantaranya adalah:

• Cedera pada dada, misalnya kecelakaan dalam berkendara, mengangkat beban terlalu berat dan olahraga
  • Batuk yang parah
  • Infeksi akibat bakteri, jamur serta virus. Misalnya infeksi saluran pernapasan
  • Arthritis, seperti osteoarthritis atau rheumatoid arthritis

Kostokondritis sering dijumpai pada anak dan remaja. Bahkan sebagian besar penderitanya berada pada usia 10 hingga 21 tahun. Namun orang dewasa juga bisa mengalaminya dengan kaum wanita yang lebih sering ditemukan. Gejala seperti apa yang umumnya dialami penderita kostokondritis?

Beberapa gejala kostokondritis yang biasanya muncul adalah sebagai berikut:

• Nyeri yang menyerang sisi kiri tulang dada
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk seperti ditekan-tekan
  • Rasa sakit dapat semakin terasa saat mengambil napas dalam-dalam atau batuk
  • Nyeri dapat terjadi pada satu tulang rusuk atau lebih

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat mengurangi gejala-gejala tersebut:

• Menempelkan kompres hangat pada bagian yang mengalami nyeri
  • Menghindari aktivitas yang dapat memicu sakit dada seperti olahraga berat dll
  • Melakukan peragangan
  • Menggunakan obat yang dapat meredakan sakit jika nyeri sudah tidak dapat tertahankan lagi, misalnya paracetamol atau ibuprofen namun sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat.

Ketakutan sebagian besar orang yang menderita sakit dada sebelah kiri adalah akibat penyakit jantung. Namun dari semua keluhan nyeri pada dada sebelah kiri hanya 15% yang berhubungan dengan penyakit jantung. Sedangkan 50% hingga 85% dari nyeri dada sebelah kiri merupakan akibat adanya ketegangan , gangguan pada saluran pencernaan dan rasa cemas yang berlebihan.

Nyeri dada akibat adanya gangguan pada lambung juga sering terjadi. Sakit asam lambung terjadi karena adanya aliran asam lambung ke saluran cerna bagian atas yaitu kerongkongan dan mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya nyeri dada yang dapat menembus sampai ke punggung. Selain itu juga dapat disertai dengan gejala mual, perut begah, keringat dingin, nyeri kepada dll.

Beberapa tips berikut dapat anda lakukan untuk menghindari agar sakit tersebut tidak menjadi lebih berbahaya:

• Makan teratur. Makan 5 sampai 6 kali dalam 1 hari dengan porsi yang sedikit. Hal tersebut lebih baik dibandingkan makan 2 sampai 3 kali dalam 1 hari dengan porsi yang banyak
  • Hindari untuk memijit bagian dada yang terasa sakit ataupun nyeri
  • Hindari melakukan kegiatan yang menggunakan otot dada secara tiba-tiba
  • Olahraga minimal 3 kali dalam 1 minggu
  • Kelola stress
  • Selalu menjaga agar berat badan tetap ideal
  • Hindari posis berbaring setelah makan

Tidak sedikit orang yang mengalami nyeri dada sampai ke belakang. Ada yang nyeri dada sebelah kiri hilang dan timbul. Ada yang rasa nyerinya menyebar seperti diremas- remas dan terasa panas di daerah tulang belikat. Ada yang disertai dengan keringat dingin dan kadang juga terasa sesak. Ada yang disertai dengan ulu hati terasa seperti diiris-iris. Namun nyeri dada memang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diketahui penyebab detailnya agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat sesuai dengan gejala yang timbul. Karena penyebab nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Beberapa pemeriksaan yang biasanya dijalani oleh pasien adalah:

• Pemeriksaan fisik pada tulang dada dan tulang rusuk. Bagian yang diperiksa oleh dokter adalah bagian daerah yang terasa nyeri sekaligus menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien
  • Pemeriksaan darah untuk melihat kadar gula darah, kolesterol, atau adanya peradangan lain
  • Elektrokardiogram (EKG) dimana hasilnya dapat digunakan untuk melihat rekaman irama serta aktivitas listrik jantung
  • Foto rontgen anda

Beberapa penanganan medis dapat dilakukan lebih lanjut jika sakit dada tidak kunjung reda:

• Suntikan kortikosteroid pada bagian nyeri
  • Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) untuk meredakan rasa sakit melalui aliran listrik ringan
  • Operasi untuk mengangkat bagian tulang rawan yang mengalami peradangan

Demikian penjelasan mengenai gejala kostokondritis dan penanganannya. Segera periksakan ke dokter bila rasa nyerinya berlebihan dan tidak hilang.

, , ,