Sponsors Link

Pemeriksaan Echo Jantung : Fungsi, Jenis, Prosedur dan Biayanya

Sponsors Link

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling vital, kesehatan jantung seharusnya menjadi prioritas utama bagi setiap manusia, menjaga jantung agar tetap selalu dalam keadaan sehat merupakan salah satu tanda syukur manusia kepada sang pencipta.

ads

Kebanyakan orang tidak menyadari kesehatan jantung mereka sedang dalam keadaan yang tidak baik, pasalnya banyak orang tidak mempedulikan hal ini karena menganggapnya hal yang sepele. Padahal kesehatan jantung manusia merupakan hal yang sangat penting dibanding apapun yang ada di dunia, sayangnya orang yang menyepelekan kesehatan jantung baru menyadarinya setelah melakukan beberapa tes.

Baca juga:

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai pemeriksaan echo jantung, dimulai dari apa itu echo jantung, manfaat dan fungsi echo jantung, prosedur dan biaya yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan.

Fungsi dan Tujuan Echo Jantung

Echocardiogram atau biasa disebut echo adalah garis luar grafik dari gerakan jantung. Tes Echocardiogram bertujuan untuk melihat gelombang gelombang frekuensi yang disebut ultrasound dari bilik-bilik jantung. Pemeriksaan echo dilakukan untuk mengetahui kondisi dari penyakit yang diderita oleh jantung kita, selain itu echo jantung juga memiliki fungsi yaitu sebagai:

  1. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kelainan jantung bawaan.
  2. Melihat adanya thrombus pada bagian jantung Anda.
  3. Untuk mengetahui dan menganalisa bagian pembuluh darah koroner pada jantung.
  4. Memeriksa kekuatan otot-otot jantung pada saat kontraksi.
  5. Guna menganalisa dan menilai cara kerja jantung manusia.
  6. Memeriksa kerusakan yang berada pada katup jantung.
  7. Melihat kelainan yang terjadi pada jantung.
  8. Memeriksa virus di dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung.
  9. Melihat secara langsung tingkat peradangan yang terjadi pada jantung.
  10. Untuk mengetahui seberapa parah infeksi yang terjadi pada jantung manusia akibat berbagai penyakit jantung.
  11. Melihat fungsi kerja keseluruhan jantung Anda.

Hal-hal di atas merupakan manfaat dan tujuannya diberlakukan pemeriksaan echo atau yang dalam bahasa medisnya disebut sebagai Echocardiogram kepada penderita penyakit jantung.

Baca juga: Penyakit Jantung KoronerPenyakit Jantung AnemiaPenyakit Jantung Kongestif.

Jenis Pemeriksaan Echo Jantung

Pemeriksaan Echocardiogram memiliki beberapa jenis diantaranya adalah:

  • Transthoracic Echocardiogram

Merupakan pemeriksaan atau tes echo jantung yang melibatkan teknologi sinar x-ray sebagai media pemeriksaannya. Konon katanya pemeriksaan echo secara Transthoracic Echocardiogram terasa sedikit menyakitkan, namun tenang penggunaan sinar x-ray sebagai media dalam pemeriksaan echo ini tidak menimbulkan radiasi dan resiko apapun.

  • Transesophageal Echocardiogram (TEE)

Jenis pemeriksaan yang satu ini merupakan jenis pemeriksaan echo yang mengharuskan pasien untuk memasukan semacam tabung yang terhubung antara mulut dan lambung guna memeriksa kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Sponsors Link

  • Stress Echocardiogram

Pemeriksaan echo jantung jenis Stress echocardiogram merupakan pemeriksaan yang mengharuskan pasien untuk berlari di atas tredmill dengan kecepatan yang cukup kuat, guna melihat frekuensi detak jantung orang tersebut pada saat sedang dalam kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik serta mental yang memacu adrenalin pasien.

  • Sestamibi Stress Echocardiogram

Sestamibi Stress Echocardiogram adalah jenis pemeriksaan yang hampir sama dengan Stress Echocardiogram. Dimana pasien yang melakukan pemeriksaan jenis ini diharuskan untuk berlari di atas tredmill dengan kekuatan yang cukup kencang sehingga memacu adrenalin yang tinggi. Perbedaannya adalah pada pemeriksaan jenis Sestamibi Stress Echocardiogram ini, si pasien diwajibkan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu guna membedakan detak jantung manusia pada saat sedang istirahat dan sedang berolahraga di bawah pengaruh obat-obatan tersebut.

Baca juga: Penyakit Jantung TiroidPenyakit Jantung Tersumbat, Penyebab Murmur Jantung.

Persiapan dan Prosedur

Tidak ada persiapan yang terlalu spesial pada pemeriksaan echo, karena tujuan sebenarnya dari echo jantung adalah untuk memeriksa detak jantung Anda secara langsung pada saat Anda sedang berada di dalam kondisi-kondisi tertentu seperti berolahraga, memacu adrenalin dan sebagainya.

Selama menjalani tes, Anda tidak diharuskan berpuasa. Anda bebas makan dan minum sepuasnya tanpa ada pantangan apapun di dalamnya. Namun ada juga dokter yang menyarankan untuk berpuasa selama 6 jam sebelum test dilakukan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya muntah saat dilakukan test. Selain itu, sebaiknya sebelum pemeriksaan, Anda tidak melakukan aktivitas berat yang memacu adrenalin dan mengakibatkan kelelahan, agar detak jantung Anda tetap dalam keadaan normal.

Biasanya selama proses pemeriksaan, pasien akan diinstruksikan untuk melepaskan pakaiannya dan dokter akan memasang kurang lebih 3 electrode atau lempengan besi kecil pada bagian dada Anda, guna memonitor langsung kondisi dari pergerakan jantung Anda selama sedang melakukan pemeriksaan.

Baca juga:

Sponsors Link

Biaya Echo Jantung

Sebenarnya biaya pemeriksaan echo jantung itu berbeda-beda tergantung tempat dan jaminan kesehatan apa yang Anda miliki. Meskipun echo jantung itu merupakan pemeriksaan jantung yang tergolong komplit karena bersifat menyeluruh, rata-rata kisaran harga yang dipatok untuk melakukan echo jantung ini tergolong relatif terjangkau. Pemeriksaan echo jantung biasanya dihitung untuk setiap kali pemeriksaan, dimana kisaran harganya diantara Rp 600.000 sampai 5 juta rupiah tergantung kelas perawatan seperti apa yang Anda jalani nantinya.

Sebelum melakukan pemeriksaan ini, ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang Anda percayai, guna memilih tindak lanjut dan langkah yang tepat untuk kesehatan dan keselamatan jantung Anda. Karena kesalahan dan ketidaktepatan yang terjadi akibat Anda tidak mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter, akan berakibat fatal pada tubuh Anda di kemudian hari.

Baca juga: Penyebab Enzim Jantung MeningkatEnzim Jantung dan Fungsinya.

Pada dasarnya setiap manusia menginginkan kesehatan tubuh yang terjaga dan terjamin, namun banyak yang hanya menginginkannya saja, tanpa melakukan hal-hal yang tepat dalam melakukan perawatan dan pencegahan guna menghindari dan mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia terutama bagian jantung.

Mencintai jantung merupakan tindakan dari bentuk rasa syukur manusia kepada sang penciptanya. Ingat kesehatan jantung Anda merupakan kebahagiaan bagi keluarga dan orang-orang di sekeliling Anda. Oleh sebab itu cintai jantung Anda sebagaimana Anda mencintai keluarga Anda, karena jantung merupakan organ utama yang memberikan kehidupan bagi seluruh manusia di muka bumi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis